• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Weather Station Solusi Ancaman Pada Musim Hujan di Pertambangan

Kamis, 28 Maret 2024

Jelang musim hujan pastinya banyak berkah dan juga ada masalah yang akan timbul seperti banjir dan tanah longsor seperti di perkotaan, pedesaan dan khususnya untuk di pertambangan. Masalah ketika musim hujan tiba memang sudah pasti ada. Akan tetapi, hal itu dapat dicegah dengan menjaga lingkungan kita dengan menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan. Lalu bagaimana caranya mencegah agar tidak terjadi musibah di daerah pertambangan?

 

Hampir 24 jam kegiatan yang ada di pertambangan terus berjalan dan ketika musim hujan tiba akan menimbulkan bencana longsor akibat kerukan tanah akibat kegiatan pertambangan. Mencegah agar tidak terjadinya musibah yaitu dengan membuat penyangga yang kokoh agar tanah tidak mudah longsor. Akan tetapi, masih banyak terjadinya longsor yang mengakibatkan korban jiwa. Solusi yang tepat untuk menghindari terjadinya longsor yaitu dengan memberentikan kegiatan pertambangan ketika hujan lebat tiba.

 

Dimusim hujan ini pasti akan terjadi angin kencang dan sambaran petir terlebih daerah pertambangan adalah lahan yang luas sehingga terjadinya sambaran petir akan sangat besar. Memberhentikan kegiatan pertambangan ketika hujan lebat sangatlah tepat karena dapat mencegah tarjadinya korban jiwa yang diakibatkan oleh alam. Lantas bagaimana kalo hujannya tiba-tiba?

 

Penggunaan alat monitoring cuaca adalah hal yang sangat tepat karena dengan menggunakan alat ini kita dapat memantau cuaca yang ada di sekitar. Alat monitoring cuaca ini biasa dikenal dengan nama ‘Weather Station’. Weather station banyak digunakan untuk pertambangan karena dapat memonitoring cuaca di sekitar. Memonitoring cuaca ini juga meliputi pengukuran suhu, kecepatan angin, kelembaban dan juga arah mata angin sehingga operator akan mudah mengetahui jika daerah pertambangannya akan turun hujan dan para pekerja tambang akan disuruh beristirahat hingga hujan berhenti.

 

 Longsor menyabakan korban jiwa

 

Kasus terjadinya korban jiwa karena longsor pada pertambangan banyak terjadi dan tidak hanya sekali saja tetapi sering terjadinya. Oleh karena itu, penggunaan weather station sangat penting demi keselamatan pekerja yang ada di pertambangan.

 

Penggunaan weather station tidaklah sulit karena anda akan membaca hasil pengukurannya saja yang disimpan alat perekam yang ada di weather stationnya. Tapi pengecejan weather station juga sangat berbahaya apalagi jika peletakan weather station jauh dan tinggi dari pertambangannya. Pemilihan weather station yang baik adalah weather station haruslah memiliki sensor yang akurat dan memiliki teknologi terbaru sehingga tidak mempersulit user dalam menggunakannya.

 

HOBO Weather Station adalah alat deteksi cuaca yang banyak digunakan di pertambangan bagian Eropa dan juga Amerika Serikat. HOBO Weather station sudah melakukan riset produk yang bertujuan untuk keakuratan sensor dan sertifikasi tahan air. Weather station adalah produk yang dikembangkan di Amerika yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

 

Monitoring melalui smartphone

 

HOBO Weather Station ini sangat cocok digunakan di Indonesia karena terdapat fitur cloud yang dimana fitur ini memudahkan kita memonitoring hanya dengan menggunakan smartphone saja atau computer. Teknologi ini dapat digunakan dengan cara membuka situs ‘www.hobolink.com’ dan login dengan akun yang sudah anda dapatkan ketika membeli maka anda dapat melihat hasil monitoring sensor weather stationnya.

 

Penggunaan HOBO Weather Station ini sangatlah mudah sehingga tidak memerlukan pelatihan khusus untuk menggunakannya. Alatuji juga menjual alat monitoring cuaca HOBO Weather Station resmi dari Amerika. Alatuji merupakan distributor tunggal alat pengukuran HOBO sehingga alat yang dijual sudah terjamin original dan akurat. Alatuji juga menyediakan sertifikasi BMKG untuk kalibrasi sensor Weather Station.

 

Alatuji menjual berbagai alat pengujian dan pengukuran berkualitas dengan harga murah serta after sales yang terjamin. Untuk info mengenai produk alat pengukuran dan pengujian bisa anda tanyakan langsung melalui chat online yang tersedia atau bisa langsung menghubungi bagian sales kami ke nomor yang ada di bagian atas web ini.

 




Produk Terkait dengan artikel Weather Station Solusi Ancaman Pada Musim Hujan di Pertambangan


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji