• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Solusi Mencegah Terjadinya Limpasan Air Dari Jalan Layang Ketika Hujan Deras

Jum'at, 6 Desember 2019

Limpasan air hujan yang turun dari jalan layang saat ini sedang jadi perbincangan di Sosial Media. Limpasan air tersebut terlihat seperti air terjun yang terjadi di Jalan Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu) pada saat terjadinya hujan deras pada kamis 21 November 2019 kemarin. Limpasan air hujan ini sangat berbahaya bagi orang yang ada di bawahnya karena air yang turun sangat deras sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

 

Solusi untuk mencegah hal itu tidak terjadi lagi adalah dengan cara memperbaiki struktur dari jalanan tersebut dan penambahan pipa di saluran bawah jalan layang. Jalan layang yang baru dibuat atau yang sudah ada memang terlihat kokoh tetapi sebetulnya masih terdapat rongga pada beton atau keretakan yang menyebabkan air keluar melalui celah beton. Hal ini dapat dicegah jika dilakukan pemeriksaan ulang pada jalan layang tersebut dengan menggunakan alat pengukuran dan alat uji.

 

Pengukuran dan pengujian pada jalan layang haruslah dilakukan setiap tahunnya agar tidak terjadinya ancaman bagi seseorang yang melewati jalan di bawahnya. Pengujian dan pengukuran pada jalan layang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa alat berikut. Alat pengujian dapat dilakukan dengan menggunakan alat uji kekerasan, dan untuk pengukuran dapat digunakan alat crack depth.

 

crack depth alat deteksi keretakan

Lampiasan air hujan di Tol Becakayu

 

Alat uji kekerasan bertujuan untuk mengukur kekerasan material pada jalan layang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kokoh material jalan layang tersebut sehinga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi seperti jalannya yang ambruk atau keroposnya material jalan. Pengujian ini bisa menggunakan alat Ultrasonic Thickness Gauge yaitu alat ketebalan material dan hardness tester yang berguna untuk menguji kekerasan material.

 

Alat pengukuran bertujuan untuk mengukur material pada jalan layang contohnya pengukuran kedalaman keretakan. Keretakan menjadi masalah serius yang harus di perhatikan. Semakin lama usia jalan layang maka keretakan pada jalan layang juga semakin banyak. Oleh karena itu, harus dilakukan pengukuran agar dapat ditangani keretakan pada jalan layang tersebut. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Crack Depth.

 

Banyak terjadi kasus yang berhubungan dengan jalan layang dan yang lagi trending saat ini adalah limpasan air hujan dari tol Becakayu dan tentunya sangat membahayakan orang yang melintas di bawahnya. Oleh karena itu, pengecekan kelayakan pada jalan layang itu wajib.

 

Solusi alat pengujian dan pengukuran berkualitas dilihat dari sensor pada alat tersebut. Semakin bagus alat tersebut maka sensor yang dimiliki juga semakin bagus dan akurat.

 

Alatuji.com menyediakan alat pengujian dan pengukuran berkualitas dengan sensor yang akurat. Alatuji.com juga menjual alat untuk monitoring cuaca atau yang biasa disebut weather Station sangat cocok digunakan untuk berbagai macam industri dan usaha seperti properti, konstruksi, perkebunan, pertambangan dan lainnya.

Jika Anda berminat silahkan hubungi kami melalui chat online yang tersedia atau bisa langsung menghubungi bagian sales kami di nomor 021 8690 6777 atau Email : sales@alatuji.com




Produk Terkait dengan artikel Solusi Mencegah Terjadinya Limpasan Air Dari Jalan Layang Ketika Hujan Deras


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji