• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Kondisi Yang Kian Parah Lahan Gambut di Sulteng Kembali Terbakar

Jum'at, 6 Desember 2019

Telah terjadi kebakaran lahan gambut di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Kobaran api menjalar hingga dua desa, masing-masing Desa Weamo, Kecamatan Lalolai dan Desa Talodo, Kecamatan Tinondo.

 

Komandan Operasi Manggala Agni Daops Tinanggea, Yanuar Fanca Kusuma, Kebakaran terpantau titik hotspot pada Minggu 25 November kemarin.

 

"kalau terpantau titik hotspot itu Minggu, tapi senin juga sudah ada laporan yang masuk ke kita," ujar Fanca.

 

Fanca melanjutkan, saat ini tim manggala Agni belum bisa melakukan pemadaman api dikarenakan sulitnya menentukan titik yang akan dipadamkan. Api yang semakin membesar ditambah dengan kepulan asap serta angin yang berhembus kencang membuat proses pemadaman api semakin sulit.

 

Cegah kebakaran hutan dengan Hobo Water Level Monitoring

 

"Masih melakukan pemantauan untuk menentukan titik. Jadi tim masih sulit tembus karena ini sudah besar," tutur Fanca.

 

Kebakaran di hutan gambut ini disebut-sebut lebih besar dari kebakaran hutan sebelumnya, karena itu, Manggala Agni telah membangun posko di daerah tersebut.

 

 

Lokasi kebakaran masih selokasi dengan lokasi kebakaran sebelumnya, berada di Kawasan Hutan Produksi Terbatas di sekitar wilayah perusahaan PT. Sari

 

Tim BPBD Koltim serta pihak perusahan PT. Sari juga saat ini tengah melakukan pemadaman. Fanca menyayangkan lambannya informasi dari Pemda Koltim dan pihak perusahaan ke Manggala Agni.

 

Sebelumnya, di lokasi ini juga terjadi kebakaran lahan gambut tepatnya pada pertengahan Agustus 2019 lalu. Membutuhkan waktu 27 hari untuk tim gabungan Manggala Agni, TNI Polri dan Pemda untuk bisa memadamkan api.

 

sumber : Kumparan




Produk Terkait dengan artikel Kondisi Yang Kian Parah Lahan Gambut di Sulteng Kembali Terbakar


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji