• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0821 1431 0566
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
  • 0812 8333 5497
    0878 7867 0721

Menjaga Kualitas Pengiriman Barang Dengan Monitoring Suhu

Jum'at, 4 Desember 2020

Terlepas dari opini atau fakta, kualitas barang menjadi hal penting yang selalu dipertanyakan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mulai dari perusahaan agrobisnis, farmasi, varian kebutuhan pangan dan berbagai bidang lainnya. Hal ini memang cukup beralasan karena barang atau produk yang dikirim harus berkualitas sama saat diproduksi atau penyimpanan.


Produk Kualitas Terbaik


Produk atau barang dihasilkan oleh suatu kegiatan usaha memiliki kualitas yang sangat baik terlihat dari segel yang terpasang dengan baik, tanggal kadaluarsa ( expired date ) dan bentuk fisik produk yang masih baik atau tidak berubah sama sekali.


Setiap produk memiliki karakteristik tertentu dan memerlukan penanganan khusus saat mulai diproduksi hingga produk tersebut sampai ke pelanggan. Beberapa hal yang dapat menurunkan atau merusak kualitas antara lain :


  • Packaging atau kemasan yang rusak
  • Segel yang tidak utuh
  • Tercemar bahan kimia seperti detergen dan logam berat
  • Suhu dan kelembaban saat penyimpanan dan pengiriman yang tidak sesuai
  • Terkena sinar matahari langsung


Suhu Adalah Titik Kritis Produk


Umumnya setiap produk akan rusak bila terkena sinar matahari langsung atau panas yang berlebihan sehingga produk menjadi rusak atau berkualitas rendah. Contohnya adalah daging beku secara umum, sebaiknya didinginkan hingga suhu bagian dalam daging (internal temperature) mencapai suhu < +7ºC. Suhu internal karkas/daging sapi sebaiknya dicapai < +7ºC dalam waktu <>< +3ºC secepat mungkin.


Metode pendinginan karkas/daging sapi yang saat ini umum dilaksanakan adalah pendinginan cepat (quick chilling) yang menggunakan suhu ruang pendingin -1ºC sampai +1ºC, kelembaban 85 - 90%, kecepatan udara 1 - 4 m/detik dan lama pendinginan (untuk mencapai suhu internal daging < +7ºC) 24 - 36 jam.


Monitoring Suhu Pengiriman Barang


Pengiriman produk atau barang harus memiliki prosedur ketentuan suhu yang telah ditetapkan penyimpanan barang. Namun suhu dari setiap wilayah / negara  berbeda satu sama lain sehingga dirasakan dapat mengganggu kualitas barang yang diproduksi.


Solusi untuk masalah tersebut adalah pengamatan suhu atau monitoring suhu saat pengiriman. Monitoring suhu ini sangat bermanfaat untuk mengetahui perubahan suhu setiap waktu saat pengiriman untuk mengetahui standar suhu pengiriman sudah sesuai atau belum. Alat monitoring suhu tersebut dapat menggunakan microlite dengan manfaat mudah digunakan serta tidak memerlukan tempat yang besar.


(red/Amd kutipan berbagai sumber)





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji