• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Hujan Deras Sapa Surabaya, Waspada Pohon Tumbang

Rabu, 26 Juni 2019

Surabaya - Hujan deras disertai angin menyebabkan beberapa pohon tumbang kembali terjadi di Surabaya. Beruntung tidak ada korban jiwa, tapi beberapa sepeda motor yang sedang diparkir tertimpa pohon.

Dari pantauan detikcom melalui handy talkie, beberapa wilayah yang mengalami pohon tumbang yakni, Tenggilis Lama, Jalan Sulawesi, Jalan Biliton dan Perempatan Jalan Pucang.

Salah satu pengendara sepeda motor, Joni Hermanto kepada detikcom, hujan deras disertai angin kencang mengguyur sekitar pukul 13.15 Wib. Saat itu, pekerja swasta itu sedang melintas di Jalan Pucang.

"Saat itu saya terkena traffic light Pucang ke arah Ngagel Selatan. Tiba tiba pohon yang didekat lampu TL roboh dan melintang menutup jalan Pucang Anom Timur ke arah Kertajaya," kata Joni, Rabu (17/12/2014).

 

Cuaca ekstrem ini pun dapat dilakukan perekaman datanya dengan instrument Weather Station sebagai langkah antisipasi pada periode berikutnya.


BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Juanda memperkirakan, intensitas hujan bertambah tinggi dalam beberapa hari ke depan. Selain itu, hujan akan disertai petir.  Prakirawan BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menjelaskan, curah hujan sekitar 25 mm, sedangkan kecepatan angin mencapai 5-35 km/jam.

 

Tingginya curah hujan disertai angin kencang itu disebabkan atmosfer yang tidak stabil. Hal tersebut menunjukkan akan adanya pergantian musim. "Ini menuju ke musim pancaroba. Dari hujan ke kemarau," jelasnya. Weather station dapat melakukan pengukuran  berbagai faktor cuaca seperti intensitas hujan, suhu, kelembaban, angin dan lain sebagainya.



Sementara data yang dihimpun detikcom, di Jalan Raya Arjuno banyak kendaraan yang sedang terparkir tertimpa ranting kering yang jatuh akibat kencangnya angin. Sedangkan di kawasan Tenggilis, pohon yang tumbang yakni pohon trembesi berdiameter 40 cm menimpa kabel listrik.

Kejadian ini mendapat atensi dari asisten I Pemkot Surabaya, Yayuk Eko Aguatin yang terus memonitor melalui HT. "Ini Surya 10 (sebutan Asisten I) tolong bantuan mas (Posko Satlak PB) di Jalan Sulawesi. Ini arek-arek kewalahan," ujar Yayuk.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji