• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

5 Orang Buruh Menjadi Korban Jiwa Pohon Tumbang di Kebun Raya Bogor

Kamis, 18 Oktober 2018

Jakarta - Pohon damar berusia ratusan tahun tumbang dan menewaskan 5 orang di Kebun Raya Bogor, Minggu (11/1). Pohon ini terlihat kuat di luar, namun di bagian dalamnya ternyata keropos. Akibatnya batang pohon ini patah dan menimpa rombongan buruh yang sedang berdiskusi tentang upah minimum kabupaten (UMK) Bogor.

 

"Damar ini termasuk pohon berjenis soft wood, sehingga rawan serangan hama yang mengebor kayu," kata Rosniati Risna.

 

Rosniati mengatakan, dalam banyak kasus, pohon yang tumbang terlihat kuat dan kokoh dari luar. Namun setelah diteliti ternyata bagian dalamnya keropos.

 

"Ini bisa karena jamur atau sebab lainnya, karena itu masih kita selidiki lagi. Seluruh peneliti saat ini sedang melakukan assesment terhadap tumbuhan koleksi di Kebun Raya Bogor," katanya.

 

Rosniati menyatakan, kalau pohon tersebut keropos di bagian akarnya maka akan lebih mudah diketahui. Namun bila yang keropos adalah bagian batangnya maka akan lebih susah. Apalagi pohon itu sangat tinggi sehingga sulit mendeteksi bagian yang keropos.

 

"Kalau bagian bawah yang keropos bisa dikasih semen atau penyangga agar tetap tegak. Tapi kalau di batang memang sulit," katanya.

 

Hal ini membuka pikiran kita akan pentingnya menguji kualitas sebuah pohon, apalagi pohon yang sudah berumur tua. Banyak alat pengujian yang dapat digunakan pada kasus seperti ini. Salah satunya adalah FAKOPP 3 D. Fakopp 3D dirancang untuk mengevaluasi pohon, kayu. Alat ini mampu mendeteksi lubang, pembusukan dan retakan pada pohon dengan teknik NDT. Fakopp 3D mengukur waktu transit gelombang stres antara transduser. Peralatan ini membantu
rimbawan untuk menentukan waktu yang optimal untuk menebang kayu. hal lain yang tak kalah pentingnya aplikasi FAKOPP dapat penentuan kekuatan sisa dari kayu tua dan evaluasi kekakuan kayu

 

Rosniati menjelaskan, saat ini Kebun Raya Bogor masih tetap buka seperti biasa. Petugas akan lebih sering berpatroli dan mengigatkan pengunjung lebih berhati-hati saat berada di bawah pohon.

 

"Kita sebenarnya sudah sering mengingatkan, tapi saat ini akan kita akan tingkatkan lagi informasinya," katanya.

 

Kebun Raya Bogor di bawah kelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kebun seluas 87 hektare ini memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun yang berdampingan dengan Istana Presiden Bogor ini telah berusia ratusan tahun dan selalu ramai pengunjung di akhir pekan.

 

Sebelumnya diberitakan bahwa pohon Damar di Kebun Raya Bogor tumbang dan menelan korban jiwa sebanyak 5 orang, dan korban luka-luka sebanyak 25 orang. Para korban adalah buruh yang sedang berdiskusi soal Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bogor. Saat kejadian ada sekitar 70 orang buruh yang berkumpul di area itu.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)