• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Gloss Meter Alat Ukur Kekilauan Pada Benda

Jum'at, 19 April 2024

Gloss Meter Alat Ukur Kekliauan

Glossmeter terdiri dari kata Gloss yang artinya ukuran dari proporsi cahaya yang memiliki refleksi specular dari permukaan. Pengertiannya adalah instruments yang digunakan untuk mengukur gloss bahan seperti plastik, cat dan kertas atau juga bisa diartikan pengukuran kilap atau tingkat kecerahan pantulan cahaya yang dihasilkan sesuai dengan standar kilap. Intensitas tergantung pada material dan sudut pencahayaan.

 

Sebuah glossmeter (juga gloss meteran) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur refleksi specular gloss dari permukaan. Gloss ditentukan dengan memproyeksikan sinar cahaya pada intensitas yang tetap dan sudut ke permukaan dan mengukur jumlah cahaya yang dipantulkan pada sudut yang sama tetapi berlawanan.

Ada sejumlah geometri yang berbeda untuk pengukuran gloss, masing-masing tergantung pada jenis permukaan yang akan diukur. Untuk non-logam seperti pelapis dan plastik, jumlah cahaya yang dipantulkan dengan sudut yang lebih besar dari pencahayaan, karena beberapa cahaya menembus bahan permukaan dan diserap ke dalamnya atau difus tersebar tergantung pada warnanya. Sedangkan logam memiliki refleksi yang jauh lebih tinggi.

Banyak standar teknis internasional yang tersedia yang menentukan metode penggunaan dan spesifikasi untuk berbagai jenis glossmeter yang digunakan pada berbagai jenis bahan termasuk cat, keramik, kertas, logam dan plastik. Banyak industri menggunakan glossmeter dalam kontrol kualitas mereka untuk mengukur gloss produk untuk memastikan konsistensi dalam proses manufaktur mereka. Industri otomotif adalah pengguna utama glossmeter, dengan aplikasi membentang dari lantai pabrik hingga ke bengkel.

 

Sejarah

Dari sekian banyak publikasi yang tercatat secara internasional yang berkaitan dengan glossmeter, studi awal yang tercatat dikaitkan dengan Ingersoll. Ingersoll yang pada tahun 1914 mengembangkan alat untuk mengukur silau dari kertas. Ingersoll "Glarimeter", instrumen awal dikenal dikembangkan untuk pengukuran gloss, didasarkan pada prinsip bahwa cahaya terpolarisasi dalam refleksi specular.

 

Instrumen yang digunakan pada insiden dan sudut pandang dari 57,5 ° dan menggunakan metode kontras untuk mengurangi komponen specular dari total refleksi menggunakan elemen polarisasi. Ingersoll berhasil menerapkan dan mematenkan Instrumen ini beberapa tahun kemudian pada tahun 1917.

 

Pengukuran atau Pemilihan Angle

Glossmeter menyediakan cara kuantitatif untuk mengukur intensitas gloss yang memastikan konsistensi pengukuran dengan mendefinisikan pencahayaan yang tepat dan melihat kondisi. Konfigurasi dari kedua sumber penerangan dan penerimaan observasi sudut memungkinkan pengukuran pada rentang yang kecil dari sudut refleksi keseluruhan.

 

Hasil pengukuran glossmeter berhubungan dengan jumlah cahaya yang dipantulkan dari standar kaca hitam dengan indeks bias yang didefinisikan. Rasio yang tercermin cahaya adalah insiden untuk spesimen, yang dibandingkan dengan rasio untuk standar gloss, dicatat sebagai Gloss Unit (GU).

 

Sudut pengukuran mengacu pada sudut antara cahaya insiden dan tegak lurus itu. Tiga sudut pengukuran (20 °, 60 °, dan 85 °) yang ditentukan untuk menutupi sebagian besar aplikasi industri coating. Sudut ini dipilih berdasarkan kisaran gloss yang diantisipasi, seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.

 

Jarak Gloss

Nilai 60°

Notes

Gloss Tinggi

>70 GU

Jika pengukuran melebihi 70 GU, setiap pengujian berubah ke 20°

Gloss Medium

10 - 70 GU

Gloss Rendah

 

Jika pengukuran kurang 10 GU, setiap pengujian berubah ke 85°

 

Misalnya, jika pengukuran dilakukan pada 60 ° lebih besar dari 70 GU, sudut pengukuran harus diubah menjadi 20 ° untuk mengoptimalkan akurasi pengukuran. Tiga jenis instrumen yang tersedia di pasaran: 60 ° instrumen sudut tunggal, kombinasi 20 ° dan 60 ° dan satu jenis yang menggabungkan 20 °, 60 ° dan 85 °.

 

Dua sudut tambahan digunakan untuk bahan lainnya. Sudut 45 ° ditentukan untuk pengukuran keramik, film, tekstil dan aluminium anodisa, sementara 75 ° ditentukan untuk kertas dan barang cetakan.

 

Gloss Units

Skala pengukuran Gloss Unit (GU), dari glossmeter adalah sebuah skala berdasarkan standar referensi kaca hitam yang sangat halus dengan indeks bias didefinisikan memiliki pantulan specular dari 100GU pada sudut tertentu. Standar ini digunakan untuk menetapkan 100 titik kalibrasi dengan 0 titik ujung bawah pada permukaan sempurna.

 

Skala ini sesuai untuk pelapis non-logam dan bahan (cat dan plastik) karena mereka umumnya jatuh dalam kisaran ini. Untuk bahan lainnya, sangat reflektif dalam penampilan (cermin, berlapis / logam mentah), nilai yang lebih tinggi dapat dicapai mencapai 2.000 Unit Gloss.

 

Untuk bahan transparan, nilai-nilai ini juga dapat meningkat karena beberapa refleksi dalam materi. Untuk aplikasi ini adalah umum untuk menggunakan % pantulan cahaya insiden daripada Unit Gloss.

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji