• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Weather Station Membantu Aktivitas Kita Sehari-Hari Dalam Memprediksikan Cuaca

Selasa, 21 Mei 2019

Weather Station

Perkembangan zaman kini sudah semakin maju dan berkembang, kini banyak alat-alat teknologi yang bisa membantu manusia dalam melakukan sebuah pekerjaannya di luar ruangan(outdoor). Contoh dari teknologi ini  adalah Weather Station.

 

 

Weather Station membantu aktivitas kita sehari-hari dalam memprediksikan cuaca. Dengan adanya Weather Station kita dapat melakukan pengamatan cuaca, tekanan udara, suhu, kelembaban, kecepatan angin, arah angin, curah hujan, radiasi, dan tingkat kebasahan atmosfer. Weather Station juga bisa digunkan dalam kegiatan industri maupun individual dalam sebuah pengamatan cuaca.

 

 

Mengapa weather station ini di butuhkan pada kegiatan di luar ruangan? ya, karena weather station ini di gunakan untuk memberikan sebuah informasi perkiraan cuaca. Nah, jelas sekali bahwa weather station ini sangat di butuhkan manusia dalam melakukan sebuah kegiatan di luar ruangan.Kegunaan weather station tidak hanya untuk memperkirakan cuaca saja, tapi masih banyak lagi kegunaan weather station yang lainnya.

 

 

Banyak produsen yang tidak tahu apa itu weather station. Apa sih Weather Station itu? Weather Station adalah sebuah stasiun cuaca, baik di darat maupun di laut. Dengan instrumen dan peralatan, mengukur kondisi atmosfer untuk memberikan informasi perkiraan cuaca dan mempelajari cuaca dan iklim. Pengukuran yang dapat di ambil antara lain suhu, tekanan udara, kelembaban, kecepatan angin, arah angin, dan jumlah curah hujan. Pengukuran angin dapat diambil dengan sedikit penghalang lainnya, sementara suhu dan kelembapan pengukuran di simpan bebas dari radiasi sinar  matahari langsung, atau dengan insolation. Pengamatan manual dapat  di ambil setidaknya sekali dalam sehari, sementara pengukuran otomatis dapat diambil setidaknya sekali dalam satu jam. Kondisi cuaca yang berada di laut yang diambil oleh kapal-kapal atau pelampung yang mengukur jumlah meteorologi yang berbeda di permukaan laut, tinggi gelombang, dan periode gelombang.  Data cuaca yang di tambatkan melebihi versi mereka dengan jumlah yang di signifikan.

 

 

Ternyata Weather Station tidak hanya di darat saja, tetapi bias di gunakan di laut juga. Mungkin ada yang tidak tahu kegunaan Weather Station di laut itu untuk apa saja. Nah, kegiatan dalam penggunaan weather station di laut ini  ialah untuk memprediksikan cuaca di laut. Kenapa kita harus tau cuaca di laut? Karena jika kita tahu cuaca di laut pada saat yang di butuhkan, kita akan tahu seberapa tinggi gelombang di laut, dan mengirakan bahwa cuaca stabil dan tidak terjadi kepanikan pada saat melaut. Tidak hanya cuaca saja yang kita perkirakan di laut, jika terjadi hujan saat kita sedang di laut, kita dapat mengetahui kecepatan angin dan arah angin.

 

 

Penggunaan Weather Station tersebut bisa di lakukan dengan cara manual dan otomatis. Cara menggunakan weather station dengan cara manual dengan cara mengambil sebuah pengamatan secara satu kali dalam satu hari, sedangkan dengan cara otomatis yaitu pengambilan sebuah pengamatan selama satu jam sekali atau sesuai dengan pengaturan yang kita atur dalam Weather Station tersebut.

 

 

Penggunaan Weather Station tidak hanya untuk individu saja tetapi juga bisa di gunakan pada kegiatan industri. Weather station di bidang industri yaitu untuk mengamati suhu di sebuah industri. Di bidang industri juga tidak hanya suhu yang di prediksikan tetapi semua fungsi weather station. Karena weather station ini di buat untuk membantu manusia dalam memprediksikan iklim. Kegiatan industri membutuhkan weather station untuk mengetahui suhu yang terjadi di kawasan industri tersebut.

 

 

Weather station di ciptakan untuk memenuhi dan membantu segala kebutuhan konsumen dalam melakukan prediksi cuaca atau iklim, suhu, kecepatan angin, arah angin, dan kondisi atmosfer. Dengan penggunaan Weather Station ini, manusia bisa dengan mudah mengerjakan suatu aktivitas dengan lancar di luar ruangan.

 

 

Pada cuaca yang labil atau tidak stabil, Weather Station sangat di butuhkan dalam kegiatan sehari-hari secara indvidual, di karenakan untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan kegiatan yang akan di lakukan setiap harinya. Selain dalam kegiatan sehari-hari individual, Weather Station bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari pekerjaan industri. Dalam kegiatan industri terkadang bergantung dengan cuaca, Weather Station ini bisa memecahkan permasalahan tersebut dengan memprediksikan cuaca yang akan terjadi pada hari tersebut. Jadi, pekerja tidak terlalu bermasalah dengan ketidak stabilan cuaca pada hari tersebut.

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji