• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Alasan Memilih Baja Ringan Dibanding Dengan Kayu

Kamis, 23 Mei 2019

Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.  Ada bebarapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.

 

sebagai contoh untuk produk structural seperti rangka baja ringan menggunakan tegangan tarik tinggi. Namun, untuk berbagai produk seperti home appliances memerlukan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah yang tentuny lentur dan lunak sehingga lebih mudah untuk dibentuk sesuai keinginan.

 

Alasan Mengapa memilih baja ringan dibanding kayu

 

penggunaan baja ringan diindonesia adalah hal yang belum lama. ini yang mungkin mengakibatkan masyarakat Indonesia belum begitu familiar dangan rangkap atap jenis ini. berikut adalah alasan mendasar mengapa memilih baja dibandingkan dengan kayu :

 

  • Rangka baja ringan tidak akan dimakan rayap. Seperti kita ketahui, kualitas kayu yang banyak digunakan maupun yang ada di pasaran saat ini adalah kayu dengan kualitas 3 kebawah atau kurang baik. Tidak banyak lagi, bahkan sudah sangat jarang yang menyediakan atau menggunakan kayu kualitas bagus seperti kayu jati untuk membangun sebuah bangunan. Oleh karena itu, pemilihan rangka baja ringan merupakan hal mutlak jika rangka anda ingin memiliki usia yang lebih awet

 

  • Baja ringan akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan. Baja ringan yang sudah siap pasang tentunya akan banyak menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan yang anda kerjakan. Bahkan sebuah rumah dengan type 36 bisa diseslesaikan dalam waktu kurang lebih 1 minggu dengan menggunakan rangka baja ringan.

 

  • Struktur rangka baja ringan yang tentunya lebih ringan daripada jika anda menggunakan kayu sebagai rangka atap anda. Tentunya hal ini bisa mempermudah pengerjaan dan keamanan para pekerja anda lebih terjamin.

 

  • Rangka baja ringan hemat biaya. Baja ringan tidak mudah lapuk. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa Anda hemat dengan fitur baja ringan ini terutama dalam segi biaya perawatan bangunan anda kedepanya. Selain itu, menurut beberapa hasil survei yang ada, rumah type 42 yang dibangun dengan struktur atap baja ringan dan dinding bata, bisa dihemat biaya pembuatanya hingga di kisaran angka 31jutaan saja (sudah termasuk biaya penutup atap dan diluar pondasi tentunya ).

 

  • Rangka baja ringan memiliki struktur atau material yang bisa disesuaikan dengan keadaan geografis sebuah daerah. Misalkan bangunan Anda berada di pinggir laut atau pantai, maka rangka baja ringan yang anda gunakan akan dilapisi dengan bahan tertentu yang akan menyesuaikan dengan kontur wilayah pantai ( tidak mudah berkarat tentunya ). Apakah material kayu anda memiliki kelebihan ini? saya rasa belum

 

  • Untuk menjaga lingkungan. Seperti yang kita tahu bahwa hutan di Indonesia tidak sehijau dahulu kala akibat pembalakan liar. Oleh karena itu dengan kita menggunakan atap baja ringan itu sama saja ikut menjaga lingkungan kita yang sudah terlanjur rusak tidak menjadi lebih parah lagi.

 

tak bisa dipungkiri jika pada era modern banyak sekali tentunya peralatan peralatan rumah tangga ataupun industri yang berbahan dasar dari baja ringan, seperti Rockwell Hardness Tester yang digunakan untuk menguji lembaran logam dengan tabung berdinding tipis kekerasan permukaan dari baja ringan hingga baja keras.

 

Rockwell Hardness Tester TH310

 


 

 

Rockwell Hardness Tester TH310 digunakan untuk menguji lembaran logam, tabung berdinding tipis kekerasan permukaan dari baja ringan hingga baja keras.

 

Mesin ini adalah kekerasan penguji Rockwell dengan prinsip Superficial Rockwell, dapat mengukur kekerasan superficial secara langsung. Ia juga dapat mengkonversi nilai Rockwell kekerasan dalam HB, HV, HLD, HK dan nilai σb. Hal ini banyak digunakan dalam pengujian kekerasan baja karbon, baja paduan, besi cor, besi logam non dan mesin plastik.

 

Dan fitur dengan akurasi yang tinggi, leluasa saat menggunakan, otomatis bongkar / muat kekuatan pokok dan tampilan, mencetak hasil pengujian dan berkomunikasi dengan komputer. Pengukuran kekerasan Rockwell superficial dengan kekuatan yang lebih rendah merupakan perluasan dari pengukuran kekerasan Rockwell, sehingga sangat cocok baik untuk benda kerja tipis dan kecil.

 

Spesifikasi:

-Resolusi: Unit 0.1HR Rockwell

-Lingkungan sekitar: bersih, tidak ada getaran, tidak ada medan magnet yang kuat, dan tidak ada medium korosif

-Power supply: satu fasa, AC, 220V / 110V, 50 - 60Hz, 4A;

-Berat bersih: 70kg

-Dimensi maksimum: 720mm x 225mm x 790mm

 

Fitur:

-Desain hidung protrudent berbentuk horizontal, pengujian pada permukaan yang sulit dijangkau

-Pengujian permukaan internal bagian cincin yang berdiameter tidak kurang dari 23mm (0.900 “)

-Pengujian permukaan luar bar bulat yang berdiameter tidak kurang dari 3 mm (0.120 “)

-Proses pengujian otomatis

-LCD Blacklight berdefinisi tinggi

-Sederhana dan mudah pengoperasian menu yang akan dipilih

-Data output RS-232/USB

-TH310: Rockwell superficial hardness tester

 

kita dapat menarik kesimpulan bahwa kemajuan teknologi khusus untuk bidang industri sangat menguntungkan dan bermanfaat terhadap kehidupan manusia terutama untuk alat Rockwell  Hardness Tester TH310.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji