• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Mengenal Suhu Dengan Thermocouple

Jum'at, 19 April 2024

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. misalnya kita sedang memasak air pada kompor, kita membutuhkan suhu untuk membuat air mendidih kira-kira membutuhkan suhu 100 derajat celcius. lalu bagaimana kita bisa tentunya menaksir suhu tersebut hingga 100 derajat celcius ?

 

tentunya dengan alat ukur yang sudah canggih, biasanya kita menyebutnya dengan thermometer. tentu jelas bahwa alat pengukur suhu bukan hanya dengan thermometer. Karna suhu bukan saja kita dapati oleh manusia, tetapi ada pada benda dan juga lingkungan sekitar. kali ini kita akan membahas tentang suhu yang ada pada ruangan, lingkungan, dan juga alat pengukurnya.

 

suhu pada lingkungan bisa berubah setiap saat. kita sering menjumpai adanya perubahan suhu yang berubah secara cepat khususnya di iklim tropis yang pergantiannya sering tak menentu antara musim hujan dan musim kemarau. lalu bagaimana kita dapat mengukur suhu tersebut ? bagaimana kita mengukur kondisi suhu lingkungan sekitar dan juga suhu pada ruangan yang susah sekali di hitung secara rinci oleh manusia ?

 

HOBO 4-Channel Thermocouple Data Logger - UX120-014M

 

The HOBO UX120 Thermocouple Data Logger adalah data logger empat saluran LCD untuk mengukur dan merekam suhu dalam berbagai aplikasi pemantauan. Data logger memudahkan dan memudahkan untuk merekam suhu pada rentang yang luas (-260 sampai 1820? C) dan dapat menerima hingga empat probe J, K, T, E, R, S, B, atau N. 

Selain menerima empat probe termokopel, data logger dilengkapi dengan sensor suhu internal untuk mencatat suhu sekitar, yang selanjutnya memperluas jangkauan kemungkinan aplikasi.

Lingkungan Hidup:
UX120-014M Data Logger digunakan untuk lingkungan inIndoor

Pengukuran:
UX120-014M Data Logger mendukung pengukuran berikut (sensor dijual terpisah):
Suhu
PENTING:
Data logger HOBO memerlukan perangkat lunak HOBOware (kabel antarmuka USB termasuk pembelian w / CD) dan perangkat komunikasi. Lihat item yang kompatibel di bawah ini.

 

Fitur

 

  • Tampilan LCD yang mudah dilihat memastikan pengoperasian logger dan status baterai
  • Dekat pembacaan arus real-time dari suhu saat ini serta statistik deviasi minimum, maksimum, rata-rata dan standar deviasi
  • Alarm di layar memberitahu Anda jika suhu melebihi ambang tinggi atau rendah
  • Kapasitas memori besar mampu menyimpan 1,6 juta pengukuran
  • Start, stop, dan restart pushbuttons
  • Firmware upgrade pengguna
  • Kasus pelindung opsional memungkinkan penggunaan logger di lingkungan luar ruangan
  • Kompatibel dengan software HOBOware dan HOBOware Pro untuk setup logger, grafik dan analisis

 

Spesifikasi

 

Rentang Operasi Logger:
Pembalakan: -20 ° hingga 70 ° C (-4 ° hingga 158 ° F); 0 sampai 95% RH (non-kondensasi); akurasi logger dari 0 ° sampai 50 ° C (32 ° hingga 122 ° F)
Peluncuran / Pembacaan: 0 ° hingga 50 ° C (32 ° hingga 122 ° F) per spesifikasi USB

Tingkat Pembalakan: 1 detik sampai 18 jam, 12 menit, 15 detik

Mode Logging: Normal, Burst atau Statistik

Modus Memori: Bungkus saat Penuh atau Berhenti saat Penuh

Start Mode: Segera, Push Button, Date & Time atau Next Interval

Mode Berhenti: Saat Memori Penuh, Tombol Dorong, atau Tanggal & Waktu

Restart Mode: Push Button

Akurasi Waktu - UX120-014MTime Akurasi: ± 1 menit per bulan pada suhu 25 ° C (77 ° F), lihat Plot B

Battery Life: 1 tahun, khas dengan tingkat penebangan 1 menit dan interval sampling 15 detik atau lebih

Tipe Baterai: Dua baterai alkaline AAA 1.5V, bisa diganti pengguna

Memori: 4 MB (1,6 juta pengukuran, maksimal)

Tipe Download: Antarmuka USB 2.0

Waktu Download Memori Penuh: Sekitar 1,5 menit

LCD: LCD terlihat dari: 0 ° hingga 50 ° C (32 ° hingga 122 ° F); LCD dapat bereaksi perlahan atau kosong pada suhu di luar rentang ini

Ukuran: 10.8 x 5.41 x 2.54 cm (4,25 x 2,13 x 1 inci).

Berat: 107,5 g (3,79 oz)

Rating Lingkungan: IP50

 

HOBO 4-Channel Thermocouple Data Logger - UX120-014M merupakan alat yang sangat bermanfaat sekali khususnya untuk memudahkan pekerjaan manusia. lalu dimana kita bisa mendapatkan alat secanggih ini ? alatuji.com lah solusinya. disana anda dapat menemukan produk seperti diatas yang sesuai dengan kebutuhan anda dan tentunya berkualitas dan sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan manusia





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji