• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Instalasi HOBO Water Level Data Logger Di PT Bina Silva Nusa Kalimantan Barat

Jum'at, 29 Maret 2024

Senin, 26 Maret 2018 Team Alatuji PT Taharica melakukan instalasi atau pemasangan water level data logger di PT Bina Silva Nusa Kalimantan Barat. Instalasi atau pemasangan water level data logger bertujuan untuk mengukur ketinggian air pada lahan gambut. Diketahui bahwa PT Bina Silva Nusa bergerak dibidang industri.

 

Pemasangan water level data logger bertujuan untuk mengukur ketinggian air yang ada pada lahan gambut dan mencegah kebakaran hutan.

 

Apa Itu Lahan Gambut ?

Tanah lahan gambut merupakan jenis tanah yang memiliki kandungan bahan organik yang terbentuk dari sisa tanah tumbuhan yang membusuk karena kondisi lingkungan yang miskin hara dan jenuh air. Lahan gambut juga diartikan sebagai sebidang lahan atau wilayah dengan kondisi tanah yang dominan mengandung serasah atau sisa tumbuhan yang telah mati dan mengalami pembusukan secara alami sehingga kaya akan kandungan bahan organik serta kandungan air dalam jumlah yang sangat tinggi. 

 

instalasi hobo water level

 

Material organik tersebut terus menumpuk dalam waktu lama sehingga membentuk lapisan-lapisan dengan ketebalan lebih dari 50 cm. Tanah jenis banyak dijumpai di daerah-daerah jenuh air seperti rawa, cekungan, atau daerah pantai.

 

secara umum tanah gambut memiliki unsur hara dan tingkat kejenuhan basa (KB) yang rendah sedangkan kadar keasamannya (pH) tinggi. Indonesia memiliki memiliki lahan gambut yang tersebar luas di kalimantan, sumatera dan papua yang memiliki ketebalan hingga 12 meter. 

 

pemasangan water level data logger

 

Apa Saja Ciri-Ciri Lahan Gambut

Ciri Ciri Lahan Gambut

  • Daerah yang memiliki jenis tanah gambut seringkali digenangi air.
  • Memiliki kandungan garam tinggi.
  • Ketebalan mencapai setengah meter lebih.
  • Berwarna hitam kecoklat-coklatan.
  • Pembusukan dari bahan organik yang terkandung di dalamnya tidak sempurna.

 

Apa Saja Manfaat Lahan Gambut

1. Lahan Pertanian

 

lahan gambut pertanian

 

Pembibitan yang dilakukan di lahan gambut memiliki tingkat pertumbuhan yang jauh sangat cepat dibandingkan tanah biasa. Selain pertumbuhan yang tergolong sangat cepat, lahan gambut juga berperan penting dalam menghasilkan bibit unggul yang kuat dan kokoh pada lahan pertanian. Pemanfaatan lahan lahan gambut sebagai lahan pertanian sangat menjanjikan terutama sayuran, buah-buahan, dan oertanian seperti kopi, kelapa sawit, kelapa dan karet. 

 

2. Lahan Peternakan

Selain untuk lahan pertanian, lahan gambut juga memiliki peran penting sebagai sarana lokasi lahan peternakan seperti unggas dan sapi. hal ini terjadi di beberapa provinsi di Indonesia

 

3. lahan Sumber Air

Dengan kelembaban yang tinggi, lahan gambut juga bermanfaat sebagai daerah resapan air, sumber air, dan cadangan air. Lahan gambut memiliki kemapuan sebagai daerah resapan air yang sangat tinggi dan dalam jumlah yang besar. saat air hujan turun, sebagianbesar air hujan yang mengalir dan jatuh ke lahan gambut, maka akan menjadi sumber air dan daerah serapan di tanah gambut tersebut. 

 

4. Mengurangi pemanasan Global

Keberadaan lahan gambut sangat penting dalam memgurangi efek pemanasan global. Lahan gambut juga mampu menahan gas-gas akibat efek rumah kaca(seperti karbon dan metan) yang merupakan salah satu penyebab terjadi perubahan iklim dan pemanasan global.

 

5. Sumber Energi

Tanah gambut ternyata dapat dijadikan sumber energi. Bahan dari tanah gambut dapat dibuat menjadi briket yang digunakan sebagai bahan bakar. Bahan tanah gambut diindonesia memiliki mutu yang tinggi karena kandungan abun yang dimilikinya tergolong rendah dan dengan nilai kalori yang tinggi. Gambut juga menjadi media alternatif pembangkit listrik di pedesaan yang tergolong belum terjangkau PLN

 

6. Pupuk

Tanah lahan gambut juga dapat diolah sebagai pupuk oleh sebagian masyarakat indonesia. 

 

Lahan gambut yang baik merupakan lahan gambut secara umum tanah gambut memiliki unsur hara dan tingkat kejenuhan basa (KB) yang rendah sedangkan kadar keasamannya (pH) tinggi. Dalam menentukan lahan gambut, dilakukan pengukuran yang digunakan untuk mengetahui suhu dan kondisi ketinggian air yang berada pada lahan gambut tersebut. 

 

Pengukuran suhu bisa dilaksanakan bersama dengan manfaatkan perekam information (data logger). Data logger adalah suatu perangkat elektronik yang bisa menyimpan information di dalam jangka waktu tertentu. Dengan dihubungkan terhadap sensor tertentu, alat ini bakal menyimpan information secara time series.

 

Sensor digunakan untuk mengkonversi besaran fisik jadi isyarat listrik yang bisa diukur secara otomatis dan selanjutnya dikirimkan ke mikroprosesor untuk pengolahan. Selain pengukuran suhu, Data logger juga di khususkan untuk melakukan pengukuran ketinggian. Dengan sensor yang dimiliki oleh HOBO U20 water level logger, tentunya memudahkan penelitian untuk mengambil data mengenai suhu dan juga ketinggian air dalam lahan gambut.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji