• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Power Monitoring System

Jum'at, 19 Oktober 2018

Sistem tenaga listrik berkembang terus mengikuti kebutuhan konsumen akan tenaga listrik. Untuk dapat mengoperasikan system tenaga listrik yang terus berkembang, maka fasilitas operasi khususnya untuk system monitoring dan control juga harus dikembangkan. Seiring berkembangnya waktu, teknik tenaga lsitrik menuju ke wilayah hijau dan intelligent. Hijau berarti ramah lingkungan, sedangkan intelligent dapat diartikan pintar dan otomasi.

Power monitoring system adalah proses pengumpulan data daya dan pengukuran kemajuan daya atas objektif program atau memantau perubahan, yang focus pada proses daya dan keluaran daya. Untuk itu pengembangan system monitoring dan kontrol untuk operasi system tenaga harus mencakup strategi-strategi sebagai berikut :

 

a)      Dapat meningkatkan keandalan dan power quality.

Keandalan berkaitan dengan waktu kegagalan. Diupayakan agar waktu kegagalan dapat dikurangi seminimal mungkin untuk mendapatkan nilai keandalan yang tinggi. Sedangkan power quality lebih mengarah kepada kualitas dari tenaga listrik yang dihasilkan, seprti pengaturan tegangan, frekwensi dan lain-lain. Pengembangan system monitoring dan control ke depan harus dibangun dengan tujuan untuk menghasilkan keandalan yang tinggi dan power quality yang sesuai standard.

 

b)     Dapat mengurangi biaya operasi

Untuk keperluan penyediaan tenaga listrik bagi para pelanggan diperlukan beberapa peralatan listrik yang dihubungkan satu dengan yang lain dan mempunyai relasi secara keseluruhan akan membentuk satu system tenaga. Peralatan listrik yang dimaksudkan disini adalah sekumpulan pusat pembangkit listrik yang dihubungkan oleh jaringan transmisi dengan pusat beban (dalam hal ini gardu induk) sehingga menjadi suatu kesatuan interkoneksi.

Dalam operasi system tenaga listrik yaitu pada proses penyediaan tenaga listrik bagi para pelanggan, memerlukan biaya bahan bakar yang tinggi dan terdapat rugi-rugi jaringan. Keduanya merupakan factor-faktor yang harus ditekan agar menjadi sekecil mungkin dengan tetap memperhatikan mutu dan keandalan system dalam menyuplai daya.

 

c)      Meningkatkan outage restoration time

Tidak bisa dipungkiri bahwa gangguan terhadap operasi system tenaga listrik pasti akan terjadi. Hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi gangguan dan yang paling penting adalah jika terjadi gangguan, bagaimana dapat mempercepat waktu keluaran akibat gangguan ke kondisi normal lebih cepat.

 

d)     Meningkatkan pelayanan kepada konsumen

Tujuan akhir proses penyediaan tenaga listrik adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Peningkatan pelayanan harus terus dilakukan agar konsumen dapat menikmati tenaga listrik sesuai yang diharapkan. Pengembangan monitoring dan control tentunya harus memperhatikan faktor-faktor tersebut.

 

e)      Real time data

Real time data didapatkan dari system real time monitoring yang dapat memberikan informasi secara real time tentang keadaan status system agar dapat dijadikan dasar untuk melakukan tindakan yang lebih cepat untuk pemulihan, proteksi atau tindakan lainnya.

 

 

Onset EG4100 Series Power Monitoring Systems

power monitoring system eg4130

Onset sistem pemantauan daya EG4100 Series menggabungkan pendapatan kelas hardware listrik metering, rangkaian lengkap dari transformator arus, dan perangkat lunak visualisasi energi berbasis cloud untuk membantu Anda mengelola penggunaan energi bangunan Anda.

Sederhana untuk menginstal, Seri EG4100 bisa memonitor berbagai parameter energi secara real time, termasuk volt, amp, kilowatt jam, faktor daya dan banyak lagi.

Untuk menghemat uang dan waktu Anda, sistem menerima 30 sensor, yang memungkinkan Anda untuk mengganti puluhan submeters tradisional dengan unit terpadu. Dan, kuat dan intuitif platform perangkat lunak dashboard energi sistem memudahkan untuk memvisualisasikan data energi dan konsumsi secara real time dari beberapa monitor seluruh properti Anda.

 

Key Advantages

  • Revenue Grade Accuracy (ANSI C12.20 - 0.5% and C12.1 - 1%)
  • 0-277VAC Phase-Neutral
  • 0-6900 Max Amperage per Channel
  • Up to 30 Channels

 

 

Meter, Logger and Server All in One

 

power monitoring system eg4130

 

Sistem EG4100 Onset Anda dimulai dengan fleksibel, pendapatan kelas meteran listrik. Ditawarkan dalam 15 dan 30-masukan model, unit-unit ini menggabungkan energi meter, data logger dan web server menjadi unit yang terintegrasi. Ini arus proses pemantauan kekuatan Anda, dan dapat menghilangkan kebutuhan untuk puluhan submeters individu.

 

Key Advantages

  • 333 mV output
  • Accurate within 1% of rated amperage
  • Well-constructed hinged mini CTs
  • Self-powered Rogowski Coils (Flexible Rope CTs)

 

 

Graphical Monitoring Tools

User interface EG4100 Series menyajikan grafik yang kuat dan mudah untuk memvisualisasikan data energi. Tampilan grafis sangat disesuaikan dan dapat diatur untuk menampilkan (atau menyembunyikan) sejumlah titik pemantauan. Poin pemantauan ditampilkan dengan periode waktu yang ditetapkan pengguna sehingga mudah untuk menganalisis data mulai dari menit ke bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

 

Pengguna dapat membuat tampilan kustom yang menyajikan data yang diformat untuk kebutuhan tertentu dan menghapus informasi yang tidak relevan. Grafik adalah pokok dari UI karena dapat menyajikan data yang sangat granular dengan cara yang dimengerti.

 

Featured Specs

  • Data Updates Every Second
  • Custom Alerts
  • CSV Exports
  • Energy Production vs Energy Usage
  • Daily, Weekly, and Monthly Summaries

 

alatuji merupakan distributor tunggal HOBO di Indonesia yang menjual berbagai macam alat pengujian seperti power monitoring system yang telah dijelaskan diatas. jika anda berminat, anda bisa langsung chat online di pojok kanan bawah pada website kami atau 

 

KUNJUNGI KAMI DI

Jl. Radin Inten II No. 62 Duren Sawit – Jakarta 13440
Telp. +62-21 8690 6777 | Fax. 021 8690 6770
Phone.0816 1740 8925 | 0812 8006 9024 | 0812 9595 7914
Whatsapp. 0813 1066 1358 | 0812 9595 7914
Bantuan cepat via email : sales@alatuji.com
Website : www.alatuji.com





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)