• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Cuaca Ekstrim Intai Jambi, Waspada Dengan Weather Station

Minggu, 20 Oktober 2019

Pada musim hujan yang diperkirakan terjadi mulai  bulan November 2012 hingga April 2013 nanti, diperkirakan beberapa daerah  di Provinsi Jambi akan mengalami cuaca ekstrim. Prakirawan Badan Metorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, Gumilang mengatakan, cuaca ekstrim  yang disebutkan itu berupa terjadinya  hujan deras yang disertai dengan tiupan angin puting beliung.
 
“Kita memperkirakan di daerah Muaro Jambi, Batanghari, Tanjung Jabung Barat, dan Tanjung Jabung Timur yang mengalami cuaca ekstrim itu,” ungkap Gumilang (21/10/2012)
 
Sampai saat ini, Gumilang belum bisa memastikan secara spesifik di bagian daerah mana yang bakal terkena cuaca buruk. Jika nanti akan terjadi perubahan yang lain pada satelit pemantau di BMKG, maka pihaknya akan memberikan peringatan kepada masyarakat.


Untuk data kecepatan angin, curah hujan dan bagian dari cuaca lainnya dapat dipantau dengan instrumen weather station yang sangat membantu untuk perekaman data cuaca.Selain untuk merekam data cuaca untuk pemerintahan, instrumen weather station ini dapat dipakai di area agraris, pertambangan dll untuk pekerjaan industri perusahaan.

 

Kenapa weather station penting? Perekaman data cuaca sangatlah penting karena dalam kurun waktu tertentu cuaca dapat berubah sewaktu-waktu tanpa diduga sehingga perekaman ini sangat bermanfaat untuk diinformasikan kepada masyarakat.


“Daerah Batanghari itu kan banyak bagiannya, tentu angin puting beliungnya tidak mampir di semua daerah Batanghari. Jadi untuk menentukan daerah mana yang akan dihampiri puting beliung, nanti akan kita kabarin, jadi untuk sekarang saya himbau untuk berhati-hati saja,” terangnya.
 
Untuk diketahui, pada saat ini, kondisi cuaca di daerah Provinsi Jambi masih dominan berawan. Terutama pada Kota Jambi. Dijelaskan Gumilang, untuk kondisi diperairan Provinsi Jambi, tinggi gelombang masih dalam keadaan normal. Yaitu 0,8 hingga 1,8 meter. Sedangkan angina masih bertiup dari tenggara hingga Selatan dengan kecepatan 8-25 km/jam.
 
“Prakiraan per 15-22 Oktober, cuacanya masih normal. Tapi untuk tujuh hari ke depan, datanya belum kita rekap,” jelas Gumilang.


disadur dari sumber : tribunnews.com




Produk Terkait dengan artikel Cuaca Ekstrim Intai Jambi, Waspada Dengan Weather Station


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji