• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • Sales Alat Pengujian
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Angin Puting Beliung Menerjang 7 Rumah Warga Hingga Ambruk di Tuban Jawa Timur

Sabtu, 15 Agustus 2020

Sekitar tujuh rumah warga mengalami kerusakan parah hingga ambruk dan beberapa rumah mengalami kerusakan setelah diterjang angin puting beliuang pada Rabu 4 Desember 2019 sore. Angin puting beliung tersebut menerjang tiga desa sekaligus yakni Desa Kumpulrejo, Kemlaten, Desa Sambung yang  berada di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

 

Tidak hanya rumah warga yang rusak, pohon besarpun tumbang dan menimpa gedung sekolah akibat angin puting beliung tersebut. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa maupun luka serius dalam kejadian ini. Tiga desa yang berada di Kecamatan Parengan ini porak-poranda akibat diterjang angin puting beliung.

 

"Peristiwa itu berawal saat hujan mengguyur wilayah Kecamatan Parengan sekitar pukul 16:45 WIB. Kemudian disusul dengan angin kencang," ujar Kapolsek Parengan AKP Mujito.

 

Angin puting beliung tersebut menerjang ketiga desa sehingga membuat warga panik. Mereka berusaha menyelamatkan diri lantaran mengetahui banyak genteng yang berterbangan terbawa angin.

 

Sebanyak tujuh rumah yang rusak parah milik Ladi (57), Yuswo (40), Seger (59), Yitno (25), Masmudi (36), Tasmijan (57), dan Narto (37), semuanya berada di Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan. Akibat dari robohnya rumah dari salah satu pemilik korban tersebut membuat truk tertimpa reruntuhan.

 

"Tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian angin puting beliung ini. Adapun atas terjadinya kerusakan itu di taksir mencapai ratusan juta rupiah," ujar Mujito.

 

Sementara itu, pohon yang tumbang menimpa bangunan berada di Desa Sembung. Pohon tersebut menimpa gedung Madrasah Ibtidaiya yang berlokasi di desa Sembung. Sejimlah warga yang rumahnya ambruk akibat diterjang angin puting beliung itu masih berusaha melakukan evakuasi barang-barang  yang masih bisa diselamatkan.

 

sumber:suarajatim

 

tag : Wind speed, Wind Direction, Weather Station, alat uji pohon, uji kesehatan bangunan




Produk Terkait dengan artikel Angin Puting Beliung Menerjang 7 Rumah Warga Hingga Ambruk di Tuban Jawa Timur


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji