• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pohon Tumbang Menjadi Masalah di Setiap Kota, Cegah Hal Tersebut Dengan Cara Ini!

Jum'at, 29 Maret 2024

Banyaknya pohon di setiap kota memberikan dampak positif bagi kehidupan di kota seperti memberikan udara bersih dan sejuk, mengurangi polusi, mengurangi radiasi sinar matahari, dll. Akan tetapi, jika pohon tidak dirawat dan dibiarkan saja maka pohon akan tumbang dan akan menyebabkan dampak negatif seperti mengenai kabel listrik, rumah, orang disekitaran pohon, dan kecelakan lalu lintas.

 

Merawat pohon di kota adalah tugas bagi Dinas Kehutanan yang sudah ada di tiap kota-kota. Akan tetapi kita sebagai masyarakat juga mesti turut ikut serta menjaga pohon-pohon di kota dengan cara tidak menempelkan poster atau merusak pohon. Banyak terjadi di kota-kota promosi melalui poster penjualan hingga informasi di pasang di pohon, dan ada juga yang memasang dengan paku sehingga batang pohon berlubang.

 

Hal seperti itu sebaiknya dicegah demi menjaga kesehatan pohon dan ketahanan pohon. Tidak hanya melestarikan, pemeriksaan pohon juga harus dilakukan seperti pemeriksaan ketahanan pohon rongga dalam batang pohon, kekuatan akar pohon. Pohon yang sudah berumur biasanya sudah banyak mengalami pelapukan, oleh karena itu dilakukan pengujian kesehatan pohon.

 

Pengujian kesehatan pohon dapat dilakukan dengan menggunakan alat uji pohon. Alat uji pohon adalah alat untuk menguji kekuatan pada pohon, baik dari akar ataupun batang. Tidak hanya itu saja, rongga yang ada di dalam pohon dapat dideteksi dengan menggunakan alat pengujian pohon ini. Alat pengujian pohon ini sangat populer di negara-negara eropa yang sedang gencar-gencarnya melakukan penghijauan di kota-kota besar.

 

Kota DKI Jakarta saat ini sedang gencar-gencarnya malukan uji kesehatan pohon. Mengingat cuaca saat ini sedang buruk, Dinas Kehutanan DKI Jakarta sudah melakukan uji kesehatan pohon sebelum memasuki musim penghujan demi menghindari terjadinya pohon tumbang.

 

 

Lalu bagaimana prinsip kerja alat uji pohon?

Alat uji pohon bekerja dengan menggunakan sensor yang diletakan di sekeliling pohon. Alat itu akan memdeteksi rongga dan kelapukan pohon lalu mengirimkan hasil ke layar monitor atau laptop. Jika terdapat banyak rongga maka pohon akan ditebang. Alat uji pohon juga dapat menguji kekuatan pohon jika terkena angin kencang.

 

Alat ini sangat cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia ini, mengingat hujan dengan intensitas tinggi sering terjadi di Indonesia. Bahkkan karena sebuah pohon tumbang saja sebuah kota mengalami pemadaman listrik hingga puluan kali.

 

Baca juga : Akibat pohon tumbang, NTT mengalami 78 kali ganggunan listrik 

  

Kami menjual berbagai alat pengujian dan pengukuran akurat serta berkualitas seperti universal testing machine, Tree For Testing, Quality Tree Testing, Data Logger, Weather Station. Kami juga menyewakan alat keamanan metal detector . Kami adalah distributor resmi Produk TIME dan HOBO di Indonesia dan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kota DKI Jakarta. Untuk pemesanan produk terkait bisa langsung menghubungi telepon : 021 8690 6777 email : sales@gmail.com




Produk Terkait dengan artikel Pohon Tumbang Menjadi Masalah di Setiap Kota, Cegah Hal Tersebut Dengan Cara Ini!


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji