• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721
  • _
    _

Apa itu Rockwell Hardness?

Kamis, 2 April 2020

Pengujian kekerasan pada industri material adalah sebuah bentuk pengujian yang dilakukan agar menentukan seberapa besar kemampuan suatu bahan terhadap perubahan. Dengan menekan material atau benda yang diuji, akan diperoleh hasil yang bisa digunakan untuk analisa seberapa besar tingkat kekerasan dari bahan tersebut melalui beban yang diberikan terhadap luas bidang yang menerima pembebanan tersebut.

 

Salah satu metode pengujian kekerasan adalah metode pengujian rockwell atau biasa disebut rockwell hardness tester. Rockwell Hardness tester adalah salah satu pengujian kekerasan yang banyak digunakan karena pengujian ini terbilang sederhana, cepat, tidak memakai mikroskop atau mengukur jejak perubahan, dan tidak merusak atau pengujian Non Destructive Test (NDT).

 

Rockwell Hardness Tester adalah pengujian dengan cara menekan permukaan material atau benda uji dengan suatu indentor. Penekanan indentor tersebut dilakukan dengan cara menekan beban pendahuluan (beban mirror), lalu ditambah dengan beban utama (beban mayor), kemudian beban mayor dilepaskan sedangkan beban minor masih dipertahankan.

 

 

Cara pengujian rockwell hardness test adalah bedasarkan pada penekanan sebuah indentor dengan suatu gaya ke permukaan yang rata dan bersih dari spesimen yang akan diuji. Setelah gaya tekan dibalikan ke gaya minor, yang dijadikan perhitungan rockwell hardness test adalah dalamnya bekas lekukan yang terjadi itu.

 

Untuk alat pengujian rockwell hardness test adalah penguji harus memasang identor terlebih dahulu sesuai jenis pengujian yang diperlukan, yakni indentor bola bahan atau kerucut intan. Setelah itu harus meletakan spesimen yang akan diuji kekerasannya di tempat yang tersedia dan menyetel beban yang akan dipakai untuk proses penekanan. Untuk mengetahui nilai dari kekerasannya penguji bisa meliat jarum yang terpasang pada alat ukur berupa dia indicator pointer.

 

 

Kelebihan dari metode rockwell hardness test ini adalah mampu dipakai untuk bahan yang sifatnya sangat keras. Bisa dipakai pada batu gerinda hingga plastik. Cocok untuk semua jenis benda atau material yang keras ataupun lunak. Kekurangan rockwell hardness tester ini adalah tingkat ketelitiannya rendah. Tidak stabil terkena goncangan. serta penekanan bebannya tidak praktis.

 

Dengan semakin berkembangannya teknologi, alat pengujian rockwell hardness sudah bisa dipakai dengan digital sehingga pemakaian semakin mudah. Rockwell hardness tester merupakan metode pengujian keras yang banyak digunakan hingga kini. Dengan berbagai macam implementasi digital di dalamnya.

 

Alatuji.com sebagai perusahaan yang bergerak di bidang trading dan monitoring system indonesia memiliki pengalaman dalam melakukan pengujian sipil dan juga pengujian SHMS pada berbagai jenis bangunan seperti jembatan, bendungan, tambang,gedung dan konstruksi lainnya. Solusi jasa pengujian sipil terpercaya? kami solusinya

 

Untuk informasi lebih lanjut terkait pemesanan dan konsultasi dapat menghubungi kami di 021-8690-6777 atau email di sales@alatuji.com.




Produk Terkait dengan artikel Apa itu Rockwell Hardness?


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji