• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

HOBO Data Logger Membantu NASA Mempelajari Gunung Berapi

Jum'at, 29 Maret 2024

Para Peneliti NASA melakukan monitoring untuk meniliti sebuah kawasan gunung berapi di Taman Nasional Lassen Volcanic Amerika Serikat. Penelitian dilakukan untuk mempelajari lebih dalam mengenai planet nini dalam misi "Proyek Mars". Taman seluas 106.000 hektar ini mencapai ketinggian 8.500 kaki dan menerima lebih dari 500 inci salju setiap musim dingin.

 

Para peneliti ini memiliki teori bahwa selokan di Mars terbentuk dengan air yang mengalir dari salju yang mencari, dan selokan tersebut menimbulkan beberapa pertanyaan tentang asal salju di Mars dan bagaimana mereka terbentuk. "Mereka dapat menggunakan Lassen sebagai laboratorium luar ruangan untuk mungkin menjawab beberapa pertanyaan itu," kata Zachary.

 

Mangkuk salju tebal Lassen dan area yang luas dari ganggang salju membuat lingkungan tersebut menjadi kondisi ideal yang NASA perlukan untuk melakukan penelitiannya. NASA mulai meneliti di taman itu pada musim gugur, tetapi siswa lokal hanya dilibatkan pada musim semi ini. Pada bulan September, para siswa membantu ahli astrobiologi NASA Jennifer Heldmann untuk menginstal ulang peralatan mahal di dua tempat di taman, yaitu pada ketinggian 8.400 kaki dan 7.100 kaki.

 

Meskipun instrumen tersebut terlihat memiliki teknologi tinggi dan mahal, namun bentuknya terlihat seperti tiang, tutup botol, dan ember terbalik.

 

Dan terdapat bagian yang mencolok ditempatkan pada kutub, bagian mencolok tersebut adalah weather station dan sensor dengan data logger yang mengumpulkan dan merekam salju yang mencair, suhu, pergerakan, data kelembaban, dan banyak lagi.

 

Ada juga kamera yang memiliki baterai yang cukup kuat untuk bertahan selama musim dingin dan diprogram untuk mengambil foto setiap hari pada siang hari. "Benda ini merupakan hal yang sangat keren dan tepat di halaman belakang kita," kata Zachary.

 

Katie Harris, seorang guru Program Kerja Daerah (ROP) di sekolah menengah itu, muncul dengan gagasan dalam melibatkan para siswa. Dia mengawasi mereka dan mengatur perjalanan untuk mengunjungi Lassen sebulan sekali.

 

Setelah salju turun, siswa magang itu harus melakukan kunjungan ke situs yang tidak dikubur untuk memastikan instrumen masih di tempat, mengambil foto, dan memantau ganggang salju.

 

Ganggang salju tanpa diselimuti salju adalah debu biru / hijau yang tidak terlihat oleh mata telanjang, kata Zachary. Tetapi salju yang mencair menyebabkan ganggang "berenang" dari tanah ke puncak salju, tempat sinar ultraviolet membuatnya tampak merah, seperti Kool-Aid yang tumpah di salju, katanya.

 

Bagian dari penelitian akan mencakup pengambilan sampel inti dari salju untuk memantau bagaimana migrasi alga.

 

Ganggang ini juga dijuluki "ganggang semangka" karena dianggap memiliki rasa yang manis, tetapi Zachary mengatakan dia tidak pernah menggigit salju merah karena ganggang tersebut juga dianggap sebagai diuretik.

 

Para peneliti juga mempelajari area hidrotermal taman, atau pot tanah liat raksasa yang diisi dengan cairan "pada dasarnya seperti asam baterai mendidih," kata Zachary. Ada teori bahwa organisme yang hidup di dalam cairan mirip dengan organisme yang hidup di daerah hidrotermal di planet dan bulan lainnya.

 

NASA sedang melakukan penelitian di seluruh dunia, termasuk Chili, Australia, dan Death Valley, untuk mempelajari geologi, meteorologi, dan biologi Mars. Tetapi tidak ada proyek yang sama dengan yang ada di Lassen, kata Zachary. Sesuatu yang sangat unik, sangat duniawi, dan sangat dekat adalah yang menarik Harris ke dalam proyek dan melibatkan para siswa.

 

Para siswa sains memperoleh jam pelayanan masyarakat yang akan diperhitungkan dalam pengalaman kerja jika mereka melamar pekerjaan di pemerintah. Mereka berempat mengatakan pengalaman ini akan muncul di resume mereka dan membantu mereka mencapai tujuan karir yang berhubungan dengan sains.

 

Para siswa magang sedang merencanakan presentasi tentang penelitian di Lassen. Mereka juga sedang merencanakan situs Web, dan mereka telah memimpin kelompok belajar di Lassen untuk mengajar siswa pertukaran asing Italia tentang proyek tersebut.

 

Zachary mengatakan para siswa tersebyt beruntung terlibat dalam proyek ini dan belajar lebih banyak tentang taman itu, yang didirikan pada 1916 setelah letusan Lassen Peak.

 

Dalam sejarahnya yang relatif singkat, taman ini telah menjadi pusat pembelajaran dan laboratorium Mars. "Lassen adalah daerah aliran sungai yang sangat penting dan sistem pemantauan air yang sangat penting untuk negara bagian California, dan sekarang juga untuk NASA," kata Zachary.




Produk Terkait dengan artikel HOBO Data Logger Membantu NASA Mempelajari Gunung Berapi


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji