• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

MX CO2 Kualitas Oksigen Udara di Ruangan Dapat Mempengaruhi Konsentrasi Pekerja

Kamis, 28 Maret 2024

Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia agar proses respirasi sel terus berlangsung. Oksigen (O2) adalah salah satu komponen gas yang menjadi unsur vital dalam metabolisme tubuh sehingga berperan penting dalam semua proses tubuh secara fungsional (Imelda, 2019). Menurut Nikmawati (2006), oksigen diperlukan sel untuk mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh, juga penghancuran beberapa racun dari sisa metabolisme. Kekurangan O2 yang ditandai dengan keadaan hipoksia dapat menyebabkan metabolisme berlangsung tidak sempurna dan dapat menyebabkan kematian jaringan bahkan dapat mengancam kehidupan (Harahap, 2005). Direktorat pengawaasan Norma Keselamatan Kerja (2016) menyatakan bahwa udara rendah oksigen bila konsentrasi oksigen udara di bawah 19,5% dan udara kaya oksigen bila konsentrasi oksigen di udara melebihi 23,5% artinya kadar oksigen di udara berkisar antara 20-23%. Kadar oksigen di udara suatu lingkungan berbeda dengan lingkungan lain sehingga efektivitas pelaksanaan kegiatan yang sama dengan tempat berbeda yang akan berbeda.


Untuk mengukur kualitas oksigen udara dapat menggunakan HOBO Data Logger CO2. Data logger CO2 bertenaga baterai dengan mudah mengukur konsentrasi dalam ruangan. Perangkat genggam yang ringkas ini — kira-kira ukuran dan bentuk yang sama seperti termostat rumah yang dipasang di dinding — dapat berada di mana saja di seluruh bangunan di mana data CO2 diperlukan. Pengukuran biasanya berkisar dari 0–5,000 ppm. Opsi terbaru saat ini memungkinkan pengguna mengakses data dari perangkat seluler dan mengunduh data secara cepat ke laptop, atau dari cloud.


Ini menjelaskan risiko peningkatan CO2 dengan perspektif global, dan bagaimana data logger dapat menjadi indikator efektif biaya IAQ terdegradasi dan sick-building syndrome (SBS). Pengukuran praktis dan ujung logger-seleksi membantu manajer fasilitas dan insinyur bangunan membuat penyebaran informasi, termasuk kalibrasi sensor yang tepat dan penempatan dalam layanan.
Alatuji merupakan distributor tunggal HOBO di Indonesia yang menjual berbagai macam alat pengujian seperti HOBO.

 




Produk Terkait dengan artikel MX CO2 Kualitas Oksigen Udara di Ruangan Dapat Mempengaruhi Konsentrasi Pekerja


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji