• Alat Uji
  • eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com


  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
  • 0878 7867 0721 (Mr. Arya)

Cuaca Ekstrim Mempengaruhi Perkembangan Hewan Ternak

Sabtu, 1 Oktober 2022

Cara mengatasi pengaruh buruk cuaca ekstrim yang dapat mempengaruhi kesejahteraan hewan ternak dengan Hobo Data Logger.

 

 

Perubahan iklim, didefinisikan sebagai ketidakseimbangan jangka panjang pada kondisi cuaca seperti suhu, radiasi, angin dan curah hujan. Perubahan iklim adalah salah satu ancaman utama untuk kelangsungan hidup berbagai spesies, ekosistem dan keberlanjutan sistem produksi ternak di seluruh dunia, terutama di negara-negara tropis dan subtropis

 

 

Perubahan suhu dan kelembaban di lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan  bagi hewan ternak. Perubahan suhu yang ekstrim dapat mengakibatkan hewan terkena strees ( heat stress and cold stress ). Stress panas atau stress dingin yang terjadi pada hewan ternak dapat di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

 

 

Faktor internal berupa jenis hewan ternak, usai, kondisi tubuh, tingkat metabolisme, danwarna bulu serta kepadatan ( density ). Sedangkan faktor eksternalnya seperti suhu, udara, kelembaban, dan kecepatan angin.

 

 

Contoh hewan ternak yang rentan sering terkena stress adalah sapi perah

 

 

 

 

Stress panas pada ternak sapi perah akan mempengaruhi kesehatan ternak tersebut, yaitu berpengaruh langsung ataupun tidak langsung dalam sistem fisiologi, metabolisme, hormonal, dan imunitas normal. Stres panas di lingkungan hangat adalah salah satu faktor penting yang dapat berpengaruh negatif pada produksi susu, reproduksi, dan kesehatan sapi perah (Jordan, 2003)

 

 

Sapi perah yang dibesarkan dalam iklim tropis lebih sering menderita stres panas, akibat produktifitas mereka yang tinggi, mengalami perubahan-perubahan fisiologis dan perilaku yang disebabkan oleh stres panas, di mana suhu lingkungan tinggi, kelembapan relatif, dan radiasi sinar matahari menghalangi penghilangan panas (Silva et al. 2002).

 

 

Perubahan suhu pada kandang dapat mempengaruhi perubahan denyut jantung dan frekuensi pernapasan sapi. Denyut jantung sapi yang sehat pada daerah nyaman (suhu tubuh 38,6oC) adalah 60 – 70 kali/menit dengan frekuensi nafas 10 – 30 kali/menit (Ensminger, 1971).

 

 

 

 


Perubahan  suhu  yang  dilihat  dari  respons  pernapasan  dan  denyut  jantung merupakan mekanisme dari tubuh sapi untuk mengurangi atau melepaskan panas yang diterima dari luar tubuh ternak. Peningkatan denyut jantung merupakan respons dari tubuh ternak untuk menyebarkan panas yang diterima ke dalam organ-organ yang lebih dingin (Anderson, 1983).

 

 


Bagaimana cara menangani masalah suhu dan kelembaban di peternakan  Anda?

 

 

HOBO U23 Pro v2 External Temperature/Relative Humidity Data Logger

 

 

Pertama-tama, Anda perlu tahu apa yang Anda hadapi. Melakukan inventarisasi keadaan peternakan  Anda adalah langkah pertama. Di sinilah kami dapat membantu Anda dalam menangani masalah pada peternakan Anda.

 

 

HOBO U23 Pro v2 External Temperature/Relative Humidity Data Logger sangat cocok digunakan untuk memantau peternakan  Anda. Sehingga dapat memebantu Anda memantau suhu dan kelembaban sehingga menjaga kualitas sapi Anda dan menaikkan keuntungan Anda.  Selain peternakan, alat ini  juga sangat cocok di pasang pada perkebunan, gudang penyimpanan, pertanian, dll

 

 

Kami juga menjual berbagai macam timbangan untuk menimbang hewan-hewan ternak anda

 

 

Dan kami juga memiliki Hobo Data Logger lainnnya yang sangat cocok untuk memantau pemakaian energi, , aliran udara , kecepatan udara,  tekanan udara, tegangan DC dan  AC, intensitas cahaya, aliran air  yang ada di dalam ruangan Anda.

 

 

Kami juga menyediakan jasa audit stuktur bangunan. Dan kami juga menjual berbagai alat pengujian dan alat monitoring seperti alat uji pohon,  alat monitoring cuaca, alat uji kekerasan,  dan alat pengujian lainnya dengan harga yang terjangkau.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji