• Alat Uji
  • eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com


  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
  • 0878 7867 0721 (Mr. Arya)

Apa Itu Viscometer? Berikut Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022

Viscometer adalah sebuah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur viskositas fluida (kekentalan zat cair). Pada zat cair, sifat ini menjadi ukuran untuk menentukan nilai terkait perlawanan tegangan geser dari hasil pergeseran benda. Umumnya sifat ini terjadi apabila adanya interaksi antar molekul dalam cairan akibat geseran atau aliran. Air memiliki tingkat viskositas yang rendah sedangkan minyak sayur memiliki tingkat viskositas yang tinggi.

 

Jenis-jenis Viscometer

Viscometer mempunyai berbagai jenis. Namun yang banyak digunakan ada tiga jenis, yaitu viscometer ostwald, viscometer hoppler, dan viscometer cone and plate.

Viscometer Ostwald

Viscometer Ostwald bekerja dengan mengukur durasi waktu yang diperlukan cairan untuk mengalir dan melewati tanda yang ditentukan, lalu akan diukur tingkat viskositasnya akibat aliran tersebut.

Viscometer Hoppler

Alat ini bekerja dengan mengikuti hukum Stokes. Viskositas dapat diketahui dengan menjatuhkan suatu benda padat pada zat cair yang akan di uji. Benda yang akan dijatuhkan harus diketahui ukurannya secara pasti agar viskositas cairan yang akan di uji dapat diketahui dengan presisi. Alat ini mempertimbangkan gaya gravitasi dan gaya gesek dalam proses pengujiannya.

Viscometer Cone And Plate

Viscometer cone and plate merupakan jenis viscometer yang paling canggih diantara 3 viscometer yang sedang dibahas. Cara kerja alat ini adalah cukup menyertakan sample dalam volume kecil saja, alat ini sudah dapat mengukur level viskositasnya dengan presisi.

 

Cara Kerja Viscometer

Meski viscometer memiliki berbagai jenis, namun prinsip kerja dan fungsi alat ini tetap sama yaitu untuk mengukur viskositas atau kekentalan zat cair. Sederhananya, alat ini mengetahui viskositas suatu zat cair dengan melihat kecepatan cairan tersebut mengalir melalui pipa berbahan gelas dan berdiameter kecil.

Apabila cairan mengalir dengan cepat maka dipastikan bahwa cairan tersebut tingkat viskositasnya rendah (cair), namun apabila cairan tersebut mengalir dengan lambat maka tingkat viskositasnya dipastikan tinggi (kental).

 

Kegunaan Viscometer

Viscometer sangat berguna untuk industri air mineral mengingat fungsi alat ini yang dapat menjadi indikator untuk mengetahui apakah produk mereka memiliki tingkat viskositas yang ideal untuk air mineral.

Tidak hanya dapat digunakan pada sektor air mineral saja, viscometer juga dapat dimanfaatkan oleh industri otomotif terutama disektor oli kendaraan.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji