• Alat Uji
  • eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com


  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
  • 0878 7867 0721 (Mr. Arya)

Pengujian Non-Destruktif (NDT) dalam Industri Tekstil

Kamis, 8 Desember 2022

Produsen tekstil melakukan uji toksikologi dan analisis lainnya, menggunakan berbagai metode pengujian NDT, untuk menganalisis bahan berbahaya seperti alergen, logam berat, atau bahkan karsinogen dalam produk mereka.

 

Beberapa logam beracun seperti kadmium antimon, timbal, kromium, merkuri, seng, dan lainnya dapat berada di serat tekstil alami atau menembus ke dalam tekstil elama proses pencelupan atau terdapat di bahan pelindung yang digunakan untuk menyimpan tekstil.

 

Spektroskopi getaran telah menjadi metode NDT yang umum digunakan. Metode ini menggunakan interaksi cahaya dengan molekul yang ada di permukaan tekstil sehingga menciptakan getaran khusus yang disebabkan oleh ikatan kimia yang ada dalam bahan.

 

Getaran ini menghasilkan sidik jari spektral unik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi bahan atau elemen yang ada dalam produk tekstil.

 

Teknik NDT telah digunakan selama lebih dari tiga puluh tahun, dan tujuan utamanya adalah untuk mendeteksi kekurangan tanpa mempengaruhi peralatan yang diujinya. Metode NDT memiliki beberapa keunggulan dibandingkan metode pengujian konvensional, yang paling penting, termasuk pengurangan limbah sampel.

 

Selain itu, metode pengujian berbasis pencitraan telah memungkinkan desain proses produksi yang optimal, yang menghasilkan kualitas dan kuantitas produk yang lebih baik.

 

Teknik spektroskopi, seperti spektroskopi Raman dan spektroskopi inframerah reflektansi total terpolarisasi (pol-ATR), umumnya digunakan untuk menganalisis kondisi dan komposisi sutra.

 

Dalam industri tekstil, umumnya, teknik spektroskopi Raman atau inframerah digunakan untuk mengkarakterisasi tekstil dan kain, dan untuk memeriksa kualitas bahan baku. Dua teknik NDT yang digunakan untuk memahami kondisi dan komposisi sutra adalah spektroskopi sinar-X fluoresensi (XRF) dan inframerah jarak dekat (NIR).

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji