• Alat Uji
  • eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com


  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
  • 0878 7867 0721 (Mr. Arya)

Pengaplikasian Portable Vibration Meter Dalam Bidang Industri

Senin, 26 September 2022

Vibration Meter adalah alat uji atau instrument yang berfungsi untuk mengukur getaran sebuah benda, misalnya motor, pompa, screen, atau benda bergetar lainnya. Cara kerja dari vibration meter adalah dengan menempelkan sensor getaran atau magnetic base nya ke benda atau mesin yang akan di ukur, lalu magnetic base mengirimkan data melalui kabel ke unit pembaca. Selanjutnya vibration meter menunjukkan nilai kuatnya getaran pada benda atau mesin yang di ukur, sehingga bisa menentukan tindakan penyetelan atau kah sudah masuk ambang batas yang ditentukan.

 

Vibration Meter banyak digunakan dalam industri tenaga listrik, terutama di pembangkit listrik termal untuk memantau status genset besar seperti turbin uap, generator, blower, kipas angin induksi, dll, karena status operasi mesin ini secara langsung berdampak pada kemampuan produksi pembangkit listrik termal.

 

Untuk beberapa mesin yang penting dan bekerja tanpa henti, pengukuran dengan menggunakan Vibration Meter juga diperlukan untuk pemeriksaan dan diagnosis cepat sebagai pelengkap sistem pemantauan real-time dan on-line.

 

Vibration meter juga memiliki kontribusi pada Industri baja . Ada berbagai jenis mesin berputar. Misalnya, derek, blower sentrifugal, kipas angin yang diinduksi, pelepasan terak, decelerator, dll. Selain itu, pompa sirkulasi pendingin memainkan peran penting dalam operasi normal boiler dan bahkan keselamatan dan operasi yang stabil dari seluruh unit pendukung.

 

Misalnya, ketidaksesuaian antara drum dan angin yang diinduksi akan menyebabkan boiler beroperasi pada tekanan positif, yang dapat menyebabkan ledakan. Pompa sirkulasi pendingin mungkin tidak dapat memasok air secara normal karena getaran yang berlebihan dan dapat menyebabkan pengoperasian boiler yang tidak normal.

 

Selain itu, industri farmasi memiliki banyak peralatan yang beroperasi terus menerus, sehingga juga merupakan pengguna alat ukur getaran seperti vibration meter. Banyak kompresor udara dan peralatan listrik memerlukan pengujian getaran untuk melacak kondisi mesin.

Industri tembakau memiliki peralatan otomatis yang canggih. Ini juga sangat mementingkan pemeliharaan peralatan. Peralatan utama untuk pengukuran getaran adalah dust blower, kompresor udara dan peralatan pengolah rokok.

 

Peralatan mekanik yang berbeda harus sesuai dengan standar industri yang relevan. Termasuk pemeriksaan kualitas mesin dan peralatan sebelum meninggalkan pabrik.

 

Pabrik blower dan kipas angin yang diinduksi. Blower dan kipas angin yang diinduksi harus melakukan pengujian getaran saat meninggalkan pabrik. Dibandingkan dengan standar nasional, kami mengukur apakah getaran perangkat tertentu berlebihan atau tidak.

 

Singkatnya, alat ukur getaran seperti vibration meter menyediakan cara yang diperlukan dan ekonomis untuk pemeliharaan peralatan di bidang manufaktur modern.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji