• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • Sales Alat Pengujian
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Fungsi UTM : 'Mencegah Bukan Mengobati'

Kamis, 13 Agustus 2020

Pernahkah Anda mendengar istilah Universal Testing Machine ?. Universal Testing Machine atau UTM ini adalah sebuah alat penguji tegangan tarik dan kekuatan tekan bahan atau material sebelum produksi. Karena sebuah kwalitas produk tidak bisa diproduksi dengan mengandalkan perkiraan saja. Hal ini menjadi sangat penting karena berkaitan dengan nama baik brand produsen apabila di kemudian hari ditemukan cacat produksi. Sebagai contoh pada tahun  2013 Toyota Corp, produsen mobil papan atas dunia akhirnya harus pasrah membayar denda sebesar US$16 Juta atau Rp. 153,6 Milyar Rupiah kepada pemerintah Kalifornia Selatan dikarenakan cacat produksi. Cacat produksi ini hampir bisa dipastikan karena salahnya perhitungan pada saat pemilihan material yang digunakan untuk diproduksi.

 

Universal Testing Machine merupakan sebuah alat tester yang telah terbukti dapat melakukan uji tarik dengan jumlah yang standar dan tes kompresi pada bahan, komponen, dan struktur. Dengan demikian UTM adalah alat penguji yang sangat tepat untuk mengetahui tingkat kwalitas pada bahan dan material yang akan diproduksi. UTM akan memberikan informasi berapa besar pengukuran terhadap bahan agar memenuhi standar. Sehingga produk yang  diproduksi  dapat tercapai dengan sempurna tanpa cacat produksi.

 

Banyak jenis benda yang dapat diuji oleh UTM. Antara lain dapat menguji  bahan  plastik, logam, kayu, tali, benang, dan kertas.  Adapun load cell yang digunakan  adalah 5 kgf, 100 kgf, dan 5000 kgf.  Pengujian bisa dilakukan pada suhu kamar, 23 derajat Celcius dengan kelembaban 50% sampai pengujian pada suhu tinggi hingga 200 derajat Celcius.

 

Parameter yang dihasilkan Universal Testing Machine baik untuk uji tarik maupun uji tekan berupa modulus elastisitas (modulus Young), kuat luluh (yield strength), kuat maximum tekan/tarik (ultimate strength), kuat putus (break strength), regangan luluh (yield strain), regangan di titik maksimum tekan/tarik (ultimate strain), regangan putus (break strain/ % elongation at break).

 

Dengan berbagai manfaat dan keunggulan UTM sudah jelas jika Anda adalah produsen yang sangat memperhatikan kwalitas barang yang Anda produksi, maka UTM ini bisa menjadi solusi pencegahan dari cacat produksi  sebelum Anda harus ‘mengobati’ cacat produksi berupa kekecewaan konsumen dan denda-denda yang jumlahnya tidak sedikit. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati ?

 

(fiq/THC)





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji