• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Data logger

Minggu, 19 Mei 2024

Data logger Cube menyimpan data teknis dan sensor Sebuah data logger (juga datalogger atau data recorder) adalah perangkat elektronik yang mencatat data dari waktu ke waktu atau dalam kaitannya dengan lokasi baik dengan built in instrumen atau sensor atau melalui instrumen eksternal dan sensor. Semakin, namun tidak sepenuhnya, mereka didasarkan pada prosesor digital (atau komputer). Mereka umumnya adalah kecil, bertenaga baterai, portabel, dan dilengkapi dengan mikroprosesor, memori internal untuk penyimpanan data, dan sensor. Beberapa data logger antarmuka dengan komputer pribadi dan memanfaatkan perangkat lunak untuk mengaktifkan data logger dan melihat dan menganalisis data yang dikumpulkan, sementara yang lain memiliki perangkat antarmuka lokal (keypad, LCD) dan dapat digunakan sebagai perangkat yang berdiri sendiri.

 

 

 

Data logger bervariasi antara jenis tujuan umum untuk berbagai aplikasi pengukuran untuk perangkat yang sangat spesifik untuk mengukur dalam satu lingkungan atau jenis aplikasi saja. Hal ini umum untuk jenis tujuan umum harus diprogram , namun, masih banyak sebagai mesin statis dengan hanya sejumlah terbatas atau tidak ada parameter berubah. Dataloggers elektronik telah menggantikan perekam grafik dalam banyak aplikasi.

 

 

Salah satu manfaat utama menggunakan data logger adalah kemampuan untuk secara otomatis mengumpulkan data pada basis 24-jam. Setelah aktivasi, data logger biasanya digunakan dan ditinggalkan untuk mengukur dan merekam informasi selama periode pemantauan.

 

 

           Hal ini memungkinkan untuk gambar, komprehensif akurat dari kondisi lingkungan yang dipantau, seperti suhu udara dan kelembaban relatif. Biaya data logger telah menurun selama bertahun-tahun sebagai meningkatkan teknologi dan biaya berkurang. Saluran tunggal data sederhana penebang biaya sebagai sedikit sebagai $ 25. Penebang lebih rumit mungkin biaya ratusan atau ribuan dolar. Isi 

     

 

    Data format  Standarisasi protokol dan format data telah masalah tapi sekarang berkembang di industri dan XML semakin banyak diadopsi untuk pertukaran data. Perkembangan Semantic Web mungkin untuk mempercepat kecenderungan ini. protokol Instrumentasi  Beberapa protokol telah dibakukan termasuk protokol cerdas, SDI-12 , yang memungkinkan beberapa instrumentasi untuk dihubungkan ke berbagai data logger. Penggunaan standar ini belum banyak memperoleh penerimaan di luar industri lingkungan. SDI-12 juga mendukung multi-instrumen penurunan. Beberapa perusahaan datalogging juga sekarang mendukung Modbus standar. Ini telah digunakan secara tradisional di daerah kontrol industri, dan ada banyak instrumen industri yang mendukung standar komunikasi. Multi-protokol lain penurunan yang sekarang mulai menjadi lebih banyak digunakan adalah berdasarkan Canbus (ISO 11898). Beberapa data logger memanfaatkan lingkungan scripting fleksibel untuk menyesuaikan diri ke berbagai protokol non-standar. Data penebangan dibandingkan akuisisi data  Istilah data logging dan akuisisi data yang sering digunakan secara bergantian. Namun, dalam konteks sejarah mereka sangat berbeda. Sebuah data logger sistem akuisisi data, tapi sebuah sistem akuisisi data tidak selalu data logger

 

 

  • Data logger biasanya memiliki lebih lambat tingkat sampel . Sebuah sample rate maksimum 1 Hz dapat dianggap sangat cepat untuk data logger, namun sangat lambat untuk sistem akuisisi data khas.
  • Data logger secara implisit berdiri sendiri perangkat, sementara sistem data akuisisi yang khas harus tetap ditambatkan ke komputer untuk memperoleh data. Aspek ini berdiri sendiri dari data logger menyiratkan on-board memori yang digunakan untuk menyimpan data yang diperoleh. Kadang-kadang memori ini sangat besar untuk mengakomodasi beberapa hari, atau bahkan bulan, rekaman tanpa pengawasan. Memori ini mungkin baterai yang didukung statis random access memory , memori flash atau EEPROM . Sebelumnya Data logger digunakan magnetic tape , pita kertas menekan, atau catatan secara langsung dapat dilihat seperti "strip grafik perekam ".

 

  • Mengingat Waktu perekaman diperpanjang data logger, mereka biasanya fitur mekanisme untuk mencatat tanggal dan waktu dalam timestamp untuk memastikan bahwa setiap nilai data yang tercatat dikaitkan dengan tanggal dan waktu akuisisi dalam rangka untuk menghasilkan urutan peristiwa . Dengan demikian, data logger biasanya menggunakan built-in real-time jam yang diterbitkan hanyut dapat menjadi pertimbangan penting ketika memilih antara data logger.

 

  • Data penebang berkisar dari input tunggal-channel sederhana untuk kompleks multi-channel instrumen. Biasanya, sederhana perangkat pemrograman fleksibilitas kurang. Beberapa instrumen yang lebih canggih memungkinkan untuk cross-channel perhitungan dan alarm berdasarkan kondisi yang telah ditentukan. Terbaru dari data logger dapat melayani halaman web, yang memungkinkan banyak orang untuk memonitor sistem jarak jauh.

 

  • Sifat tanpa pengawasan dan remote aplikasi data logger banyak berarti kebutuhan dalam beberapa aplikasi untuk beroperasi dari DC sumber daya, seperti baterai . Tenaga surya dapat digunakan untuk melengkapi sumber-sumber daya. Kendala ini umumnya menyebabkan memastikan bahwa perangkat yang mereka pasar sangat kekuasaan relatif efisien untuk komputer. Dalam banyak kasus mereka diwajibkan untuk bekerja dalam kondisi lingkungan yang keras di mana komputer tidak akan berfungsi dengan handal.

 

  • Sifat tanpa pengawasan juga menyatakan bahwa data logger harus sangat diandalkan. Karena mereka dapat beroperasi untuk waktu yang lama tanpa henti dengan pengawasan manusia sedikit atau tidak ada, dan mungkin dipasang di lokasi yang keras atau remote, sangat penting bahwa selama mereka memiliki kekuatan, mereka tidak akan gagal untuk log data untuk alasan apapun. Produsen pergi ke panjang besar untuk memastikan bahwa perangkat dapat tergantung pada dalam aplikasi ini. Karena dataloggers tersebut hampir sepenuhnya kebal terhadap masalah yang mungkin mempengaruhi komputer untuk tujuan umum dalam aplikasi yang sama, seperti crash program dan ketidakstabilan dari beberapa sistem operasi.

 

Aplikasi  Aplikasi data logging meliputi:

 

 

  • Tanpa pengawasan di stasiun cuaca rekaman (seperti kecepatan angin / arah, suhu , kelembaban relatif , radiasi matahari ).
  • Tanpa pengawasan hidrografi rekaman (seperti tingkat air, kedalaman air, aliran air, pH air, konduktivitas air).
  • Kelembaban tanah tanpa pengawasan tingkat perekaman.
  • Gas tanpa pengawasan tekanan rekaman.
  • Pelampung lepas pantai untuk merekam berbagai kondisi lingkungan.
  • Menghitung lalu lintas jalan.
  • Ukur suhu (kelembaban, dll) dari mudah rusak selama pengiriman: rantai dingin . [1]
  • Proses monitoring untuk pemeliharaan dan aplikasi pemecahan masalah.
  • Proses pemantauan untuk memverifikasi kondisi garansi
  • Margasatwa penelitian dengan pop-up tag arsip
  • Ukur getaran dan penanganan syok (tinggi drop) lingkungan distribusi kemasan . [2]
  • Pemantauan tingkat tangki.
  • Deformasi pemantauan dari setiap objek dengan geodetik atau sensor geoteknik dikendalikan oleh sistem pemantauan deformasi otomatis .
  • Pemantauan lingkungan .
  • Pengujian Kendaraan (termasuk pengujian kecelakaan)
  • Balap Motor
  • Pemantauan status sinyal relay di kereta api.
  • Untuk pendidikan ilmu pengetahuan memungkinkan 'pengukuran', 'ilmiah investigasi' dan penghargaan 'perubahan'
  • Rekam tren data secara berkala dalam memantau tanda-tanda hewan yang vital.
  • Memuat profil rekaman untuk manajemen energi konsumsi.
  • Suhu, Kelembaban dan Power digunakan untuk pemanas dan penyejuk udara studi efisiensi.
  • Pemantauan tingkat air untuk studi air tanah. 

 

 Sumber : www.omega.com

               www.alatperaga.com




Produk Terkait dengan artikel Data logger


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji