• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Ingin Tau Kekuatan Beton ? Inilah Alat Uji Beton Serta Fungsinya

Minggu, 20 Oktober 2019

Sebelum kita mengenal alat-alat untuk menguji beton, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui definisi dari beton itu sendiri. Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang telah umum digunakan untuk bangunan gedung, jembatan, jalan, dll. Beton merupakan satu kesatuan yang homogen. Beton ini didapatkan dengan cara mencampur agregat halus (pasir), agregat kasar (kerikil), atau jenis agregat lain dan air, dengan semen portland atau semen hidrolik yang lain, terkadang ditambahkan dengan bahan tambahan (additif) yang bersifat kimiawi ataupun fisikal pada perbandingan tertentu, sehingga menjadi satu kesatuan yang

homogen. Campuran tersebut akan mengeras seperti batuan. Pengerasan itu sendiri terjadi karena peristiwa reaksi kimia antara semen dengan air.

 


Berikut adalah alat-alat uji yang berhubungan dengan beton :


1. Rebar Locator

Rebar locator adalah alat uji beton yang digunakan untuk mendeteksi ketebalan lapisan beton dan diameter rebar pada beton. Selain itu, rebar locator juga dapat menentukan lokasi besi pada beton. Jadi, lebar locator dapat mendeteksi atau menemukan baja tulangan dalam sebuah proyek konstruksi.

 

2. Crack Depth Gauge

Crack depth gauge adalah alat uji yang berfungsi untuk mengukur retakan, baik kedalaman retakan maupun lebar retakan. Namun dalam beberapa bidang, Crack depth gauge juga dirancang untuk mendeteksi kemungkinan cacat atau flaw. Misalnya dengan menggunakan deteksi suara (ultrasound) yang dapat mendeteksi saat material tersebut diuji. Dengan menerapkan teknologi ini, kecepatan dan ketepatan data input yang ditampilkan akan semakin mempermudah kerja kita

 

3. Rebar Corrosion Detector

Korosi dari rebar dalam beton dapat mengurangi luas efektif rebar, meningkatkan ukuran rebar, menyebabkan ekspansi dan fraktur beton serta penurunan mencengkeram kekuatan dan kapasitas rebar dan beton bantalan, langsung mempengaruhi keamanan dan daya tahan. Oleh karena itu, tingkat korosi rebar dalam beton adalah salah satu isu yang paling penting ketika mengevaluasi integritas konstruksi sehingga digunakan rebar corrosion detector untuk mengecek efek korosi pada rebar

 

4. Crack Widht Gauge

Crack Width Gauge dirancang khusus untuk mengukur lebar dan lokasi retak sebelum memulai program monitoring. Lebar retak pengukur cocok untuk penggunaan internal dan eksternal. Hal ini terbuat dari polycarbonate yang memiliki koefisien ekspansi termal linear dari 7,0 x 10-5 cm / cm / ° C untuk suhu sekitar antara -30 ° C dan 30 ° C. Skala dikalibrasi dari ujung pengukur untuk memfasilitasi mengukur retakan di sudut-sudut. Disediakan dalam kasus pelindung.

 

5. Concrete test hammer

Concrete test hammer adalah uji palu yang digunakan untuk menganalisis kekuatan tekan sifat beton. Salah satu produknya adalah Original Schmidt.
Original Schmidt akan memukul beton pada energi didefinisikan, sedangkan rebound tergantung pada kekerasan beton dan diukur dengan instrumen. Original Schmidt tersedia dalam berbagai model dengan dampak energi yang berbeda. Setiap uji palu dirancang untuk aplikasi tes khusus, dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menyelidiki berbagai jenis bahan dan ukuran, seperti deck jembatan, dinding tipis, komponen batu cor atau komponen kecil.

 

6. Digital Concrete test hammer

Schmidt Hammer Digi-Schmidt dikembangkan untuk pengukuran non destruktif kuat tekan beton dan mengendalikan kualitas mutu beton. Schmidt Hammer dilengkapi dengan sensor yang mengukur nilai rebound dampak tes untuk resolusi tinggi dan pengulangan. Dengan Schmidt Hammer, berbagai parameter seperti dampak arah, faktor bentuk dan faktor waktu seperti kedalaman karbonasi dapat dengan mudah untuk diatur.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji