• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Photoelectric Sensor

Selasa, 16 April 2024

Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak.  Selain itu, cahaya adalah paket partikel yang disebut foton. Kedua definisi tersebut merupakan sifat yang ditunjukkan cahaya secara bersamaan sehingga disebut "dualisme gelombang-partikel". Paket cahaya yang disebut spektrum kemudian dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagai warna. Bidang studi cahaya dikenal dengan sebutan optika, merupakan area riset yang penting pada fisika modern.

 

Di era modern ini, cahaya bukan lagi di fungsikan sebagai penerangan. tetapi bisa juga digunakan untuk menangkap suatu gambar dengan memanfaatkan cahaya. tetntunya dengan menggunakan alat yaitu kamera. kamera pun sudah banyak model dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. dengan dibantu dengan lensa kamera yang tentunya sudah canggih, bukan hanya untuk pengambilan gambar, dengan bantuan cahaya pun kita bisa mengabadikan video dengan kualitas bagus hanya dengan menggunakan kamera.

 

dan satu lagi hal yang memajukan dunia, yaitu dengan memanfaatkan sensor cahaya dan biasa juga disebut dengan Photoelectric Sensor. Sensor ini menggunakan elemen peka cahaya untuk mendeteksi benda-benda dan terdiri dari transmitter/emitor (Sumber Cahaya) dan penerima (receiver).

 

Terdapat 4 jenis sensor fotolistrikyang tersedia :

 

a.Pemantulan Langsung (Direct Reflection) 

Transmitter dan receiver ditempatkan bersama-sama dan menggunakan cahaya yang dipantulkanlangsung dari objek untuk melakukan deteksiPemilihan photosensor jenis ini harus mempertimbangkan warna dan tipe permukaan objek (kasar, licin, buram, terang). Dengan permukaan buram, jarak sensing akan  dipengaruhi oleh warna objek. Warna-warna terang berpengarh terhadap jarak sensing maksimum dan warna gela berpengaruh terhadap jarak sensing minimum.  Jika permukaan obyek mengkilap, efek permukaan yang lebih penting daripada warna.Pada data tehnik (katalog),  jarak sensing yang tertera merupakan uji dengan menggunakan i  kertas putih (matte).

b. Refleksi dengan reflektor (Reflection with Reflector)

Transmitter dan receiver ditempatkan bersama-sama dan membutuhkan reflektor. Obyek terdeteksi karenan memotong cahaya antara sensor dan reflektor sehingga  receiver tidak menerima cahaya.Photocells ini memungkinkan jarak sensing lebih jauh. Dengan adanya reflector sinar yang dipancarkan akan dipantulkan sepenuhnya ke receiver.

c. Pemantulan terpolarisasi dengan reflektor  (Polarized Reflection with Reflector)

Mirip dengan Pemantukan dengan reflektorphotocells ini menggunakan perangkat anti-refleks. Jadi reflector tidak mengkilap. Sensor ini mendasarkan fungsi pada sebuah pita cahaya terpolarisasi, memberikan keuntungan dan deteksi akurat bahkan ketika permukaan obyek sangat mengkilap. Data teknik tidak ada karena sangat dipengaruhi oleh rpemantulan acak (benda apa saja).

d. Through Beam 
Transmitter dan Receiver ditempatkan secara terpisah dan deteksi obyek terjadi ketika memotong sinar antara transmitter dan receiver sehingga receiver kehilangan cahaya sesaat. Photocells inimemiliki jarak sensing terpanjang.  

 

Linear Stroboscope | LS-GAPSENSOR

 

 

LS-GAPSENSOR adalah sensor Photoelectric Sensor yang dirancang untuk merasakan "celah" di antara label dan memberikan sinyal pemicu yang digunakan untuk menyalakan stroboskop. Karena LS-GAPSENSOR adalah sensor satu sentuhan otomatis ... bukan sensor "mode pengajaran" konvensional. pengaturan sederhana. Posisikan celah antara label langsung di bawah panduan penglihatan sensor dan dorong tombol Autoset ™ yang sesuai. Sensor melakukan sisanya, menyesuaikan diri dengan setting yang sempurna. Sensing label tidak pernah semudah ini.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji