• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pemantauan Suhu dan Tekanan di Fasilitas Pembangkit Listrik

Kamis, 28 Maret 2024

Dampak pada sektor listrik dari kekuatan konvergen perubahan perilaku pelanggan terhadap energi terbarukan dan distribusi dan regulasi secara terus-menerus menciptakan peluang dan tantangan baru. Analisis risiko sangat penting untuk memastikan bahwa proses tersebut secara ekologis baik dan kerusakan lingkungan di sekitarnya diminimalkan.

 

Aplikasi: Pembangkit Listrik 

Organisasi:  Produksi Energi, Transportasi dan Distribusi.

Latar Belakang: Dampak pada sektor listrik dari kekuatan konvergen perubahan perilaku pelanggan terhadap energi terbarukan dan distribusi dan regulasi secara terus-menerus menciptakan peluang dan tantangan baru. Analisis risiko sangat penting untuk memastikan bahwa proses tersebut secara ekologis baik dan kerusakan lingkungan di sekitarnya diminimalkan.

 

Tentang Pelanggan:

Pelanggan mengubah energi dari AC ke DC di beberapa pembangkit listrik dan mentransfernya melalui jaringan saluran listrik yang mengirimkan energi ke berbagai lokasi dari setiap pabrik tertentu.

 

Selama proses ini, panas yang ekstrim diciptakan oleh resistensi yang ditimbulkan selama transformasi energi ini. Agar proyek tetap ekologis, pemantauan yang akurat dan analisis risiko diperlukan selama proses transformasi.

 

Tantangan Pelanggan Utama:

Operator di fasilitas melakukan inspeksi berkala dan secara teratur mencatat suhu dan tekanan selama proses transformasi energi yang terjadi, seringkali pada 90m di bawah permukaan tanah. Untuk mengukur suhu panas dan tekanan yang diciptakan selama proses-proses bawah tanah ini, diperlukan instrumentasi khusus. Perangkat bertenaga genggam bertenaga baterai high-end dengan sensor eksternal dan kabel yang sangat panjang, mampu mengukur suhu dengan sangat dalam, menyediakan kemampuan membaca hasil di lokasi, secara real time, dan memantau perkembangan bawah tanah setiap kali mereka sering berada di tempat terbuka lebar daerah tanpa ketersediaan pasokan listrik atau wifi biasa.

 

Implementasi DaqPro:

Banyak unit DaqPro ditempatkan secara sporadis di tiga lokasi transformasi energi yang terpisah. Setiap unit terhubung dengan tujuh sensor suhu eksternal terpisah dan satu

 

transduser digunakan melalui tekanan pengukuran input 4-20mA. Unit DaqPro disimpan di atas tanah sementara sensor dimakamkan di bawah tanah, dengan kabel ekstra panjang, untuk dipantau selama proses transformasi. Setiap sensor ditempatkan pada titik yang berbeda, dipetakan di sekitar area yang ditentukan, untuk memastikan pembacaan luas, secara real time, untuk setiap unit individu.

 

Hasil terukur:

 

Logger DaqPRO adalah pilihan sempurna untuk lingkungan pemantauan lapangan dari proyek ini. Dirancang untuk beroperasi tanpa memerlukan koneksi PC, perangkat lunak DaqLab untuk analisis data yang ditingkatkan dan konfigurasi perangkat digunakan di situs, melalui layar bawaan dengan tampilan grafis. Data yang dikumpulkan dari sensor eksternal mengukur suhu dan transduser eksternal digunakan melalui input mengukur tekanan 4-20mA, dianalisis, penukaran, sesuai dengan tingkat sampling dan parameter yang sebelumnya diprogram ke dalam penebang.

 

Proses ini dilakukan hujan atau cerah karena itu aksesori kotak cuaca, sesuai dengan standar IP-67 akan berguna untuk melindungi DaqPRO saat pengujian selama musim dingin. Fitur baterai isi ulang dan membawa kasus membuat pengepakan jauh mudah setelah pengujian dan memastikan DaqPro akan selalu siap untuk putaran berikutnya dari pengujian pesanan berikutnya.

 

DaqPRO

The DaqPRO is a stand-alone, high performance data acquisition device that is fully compatible with industry-standard sensors. The data logger features a graphical display and user-friendly handheld operation for measuring parameters such as voltage, current, temperature, pulse and frequency, as well as user-defined sensors.

 

Feature

  • Cost effective data logging solution for a wide range of industrial applications
  • Eight sensor inputs supporting 16-bit resolution
  • Large graphic display for stand-alone setup, data display and analysis
  • User configurable sampling rate supporting up to 4,000 samples/second
  • Each input can be configured to measure a different sensor
  • Rechargeable 7.2 V battery supporting up to 24 hours between charging cycles



Produk Terkait dengan artikel Pemantauan Suhu dan Tekanan di Fasilitas Pembangkit Listrik


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji