• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Panduan Penginstalan HOBO Weather Station

Kamis, 28 Maret 2024

1. Masuk ke HOBOlink.
Buka www.hobolink.com dan login dengan menggunakanakun yang sudah ada atau buat akun baru. Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun baru.

 

2. Daftarkan weather station.
Di HOBOlink, klik Perangkat, lalu klik tautan Daftarkan Perangkat. Beri nama pada weather station dan masukkan nomor seri dan kunci perangkat di label pada bagian dalam pintu weather station.

 

3. Pasang modul opsional atau SIM yang disediakan pengguna.
Pastikan weather station dimatikan terlebih dahulu dengan menarik koneksi baterai dan pengisi daya. Masukkan modul RXMOD-x opsional ke dalam slot Modul 1 atau Modul 2 dengan mencolokkan konektor ke dalam wadah di weather station. Pasang sekrup modul dengan sekrup yang tersedia. Jika hanya ada satu modul relai, pasang di sebelah kanan.

* PERINGATAN: Jika Anda secara tidak sengaja memasang modul saat daya menyala, Anda harus memutus dan kemudian menyambungkan kembali baterai dan mengisi daya perangkat untuk menjamin operasi alat.
Catatan: Jika Anda menggunakan kartu SIM Anda sendiri, ikuti petunjuk di http://www.onsetcomp.com/manuals/untuk menginstal SIM pada RX3003 station sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

 

4. Pasang baterai dan mengisi daya perangkat.
Sambungkan konektor port baterai diikuti dengan konektor port pengisian yang sesuai. Setelah kabel baterai dicolokkan, maka LCD akan menyala dan menampilkan tulisan "Initializing System". Tanda centang muncul di samping "Sistem" setelah inisialisasi sistem selesai.

 

5. Periksa atau konfigurasikan komunikasi perangkat.
Untuk model seluler RX3003:
weather station akan secara otomatis terhubung ke HOBOlink setelah menyalakan weather station pada langkah sebelumnya. Lanjutkan ke langkah 6.

Untuk model Ethernet RX3001:
a. Tancapkan kabel Ethernet.
Catatan: weather station Ethernet RX3001 secara otomatis dikonfigurasi untuk menggunakan DHCP. Jika jaringan Anda menggunakan alamat IP statis, hubungi Administrator Jaringan Anda untuk alamat yang benar dan ikuti langkah konfigurasi Ethernet dengan manual RX3000 di www.onsetcomp.com/manual/rx3000.
b. Tekan tombol Connect (di bawah ikon cloud) di weather station untuk terhubung ke HOBOlink. Tunggu tanda centang muncul di sebelah "Last Connection" seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas
Untuk model Wi-Fi RX3002:
a. Hubungkan weather station ke komputer dengan kabel USB.
b. Di HOBOware 3.7.2 atau lebih baru, pilih Kelola RX3000 dari menu Perangkat. (Pilih jaringan Domain dan klik Izinkan Akses jika Anda melihat peringatan Windows® Firewall.)
c. Di Manajer RX3000, klik tombol Tindakan.
d. Masukkan informasi Keamanan untuk jaringan Wi-Fi Anda. Ketik Nama Jaringan, pilih Jenis Keamanan, dan ketikkan Kunci Keamanan. Hubungi Administrator Jaringan Anda atau cari dalam dokumentasi router nirkabel anda untuk membantu menentukan jenis keamanan jaringan yang digunakan.
Catatan: Weather Station secara default menggunakan DHCP. Jika jaringan Anda menggunakan alamat IP statis, hubungi Administrator Jaringan Anda untuk memasukkan alamat IP yang benar.
e. Klik Simpan di Manajer RX3000. Klik Done dan kemudian tutup RX3000 Manager.
f. Lepaskan koneksi kabel USB.
g. Tekan tombol Connect (di bawah ikon cloud) di weather station untuk terhubung ke HOBOlink. Tunggu tanda centang muncul di sebelah Koneksi Terakhir seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas.

6. Sambungkan dan search smart sensor.
Penting: Jika weather station RX3000 ini adalah pengganti untuk weather station U30, penting untuk diketahui bahwa Anda mematikan weather station U30 yang sedang diganti (lepaskan baterai dan adaptor AC atau panel surya) sebelum melepas sensor cerdas dan hubungkan ke RX3000. Jangan repower weather station U30 atau menghubung ke HOBOlink lagi kecuali setidaknya satu sensor cerdas yang berbeda terhubung ke weather station U30 pertama.

a. Sambungkan sensor cerdas ke konektor di bagian bawah casing.
Tip: Lihat panduan RX3000 untuk petunjuk tentang penyaluran kawat dan penyegelan kabel di lingkungan.
b.Tekan tombol Pilih untuk melihat sensor pintar pada LCD dan kemudian tekan tombol Cari (ikon kaca pembesar harus terlihat seperti pada contoh di bawah). weather station akan mencari semua smart sensor yang terhubung dan menunjukkan jumlah saluran setelah beberapa detik. Perhatikan bahwa beberapa sensor cerdas memiliki beberapa saluran (seperti sensor suhu / RH).

7. Hubungkan ke sensor analog atau perangkat relay.
Sambungkan sensor atau perangkat apa pun ke opsional modul. Lihat panduan RX3000 untuk detailnya.

8 Hubungkan ke HOBOlink.
Gunakan tombol Select untuk kembali ke layar LCD utama yang menunjukkan semua sensor dan modul dan kemudian tekan tombol Connect (ikon cloud harus terlihat seperti ditunjukkan pada contoh). Ini diperlukan oleh HOBOlink untuk mengidentifikasi sensor yang baru ditambahkan.

9 Konfigurasikan weather station di HOBOlink.
Pergi ke Perangkat> List dan klik ikon kunci di sebelah weather station Anda. Buat perubahan dan klik Berikutnya untuk bergerak melalui Asisten Konfigurasi untuk mengkonfigurasi yang berikut:
• Pengaturan sistem dan interval koneksi.
• Interval smart sensor data logger dan interval sampling.
• Pengaturan untuk setiap sensor pintar (label, grafik, dan skala).
• Modul opsional dan saluran terkait. Setiap perubahan konfigurasi akan ditransfer ke weather station pada waktu berikutnya saat terhubung dengan HOBOlink.

10 Mulai proses perekaman dan pengamatan.
Tekan tombol Start pada weather station untuk memulai proses perekaman dan pengamatan; weather station akan terhubung ke HOBOlink.




Produk Terkait dengan artikel Panduan Penginstalan HOBO Weather Station


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji