• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Mengukur Nilai Kekerasan Material Dengan Cepat Dengan Metode Pengujian Kekerasan Rockwell

Kamis, 25 April 2024

Nilai kekerasan adalah salah satu poin penting dalam menentapkan standar kualitas suatu material industri. Namun, nilai kekerasan ini tidak bisa diukur secara kasat mata atau melalui indera peraba saja apalagi hanya lewat perkiraan saja.

 

Untuk mendapatkan nilai kekerasan yang akurat dan tepat maka harus dilakukan pengujian yakni uji kekerasan. Pengujian ini menggunakan sebuah mesin uji yang bernama hardness tester.

 

Hardness Tester Rockwell

 

Metode uji kekerasan terbagi dari 4 macam yang diantaranya adalah : Brinell, Rockwell, Vicker dan Micro Hardness.

 

Diantara 4 metode pengujian kekerasan tersebut, uji kekerasan dengan metode rockwell merupakan metode yang sering digunakan karena tidak merusak specimen material yang diuji, mudah dilakukan dan bisa langsung terlihat jelas hasil pengujiannya atau dikenal dengan pengujian tanpa merusak (NDT Non Destructive Test).

 

Dalam pengujian ini menggunakan hardness tester rockwell. Dengan menggunakan alat uji kekerasan rockwell ini maka pengukuran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sistem yang digunakan pada alat ini ada 2 jenis yaitu analog dan digital.

 

Prinsip dasar uji kekerasan rockwell yaitu memberikan penekanan pada bagian permukaan material uji menggunakan sebuah indentor. Tahap pertama, material diberikan penekanan beban minor, lalu diteruskan dengan memberikan beban utama atau beban mayor. Kemudian, beban mayor diangkat tapi posisi beban minor tetap ditahan.

 

Beban minor yang digunakan beratnya 10 kgf, sedangkan untuk beban mayor beratnya adalah 50 kgf, 90 kgf dan 140 kgf. Beban minor berfungsi agar menahan indentor yang berada di permukaan material serta menjaga posisi material agar tetap stabil atau tidak mengalami penyimpangan sehingga bisa diberikan beban utama.

 

Indentor Uji Kekerasan Rockwell

 

Jenis indentor atau bola baja yang digunakan berbentuk prisma dengan sudut puncak 120o dengan bagian ujung berbentuk bulat (jari-jari 0,2mm). Indentor lainnya yang juga digunakan dalam pengujian ini yaitu terbuat dari baja yang telah dikeraskan dengan besar diameter 1/16, 1/8, dan juga diameter 1/2.

 

Rumus Uji Kekerasan Rockwell

 

Rumus yang digunakan dalam metode kekerasan rockwell yaitu :

 

HR = E – e

 

Ketentuan :

 

E = Konstanta nilai 130 pada indentor bola dan 100 pada indentor intan

 

e = Nilai kedalaman penetrasi yang diberikan beban utam (F1) dengan satuan 0,0002 mm

 

Kelebihan Uji Kekerasan Rockwell

 

Material yang diuji tetap utuh atau tidak rusak

 

Nilai kekerasan bisa langsung terlihat pada monitor (digital) atau jam ukur (analog)

 

Sangat cocok digunakan untuk menguji banyak material atau benda

 

Kekurangan Uji Kekerasan Rockwell

 

Akurasi pengukuran tidak terlalu bagus

 

Getaran kecil pada hardness tester dapat mempengaruhi hasil pengukuran




Produk Terkait dengan artikel Mengukur Nilai Kekerasan Material Dengan Cepat Dengan Metode Pengujian Kekerasan Rockwell


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji