• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pentingnya Penggunaan Weather Station Pada Lahan Pertambangan

Kamis, 25 April 2024

Weather station atau Stasiun Cuaca adalah alat yang digunakan untuk memonitor cuaca yang ada di sekitar atau daerah dan pengukuran cuaca tersebut meliput pengukuran kecepatan angina, arah angina, suhu, kelembaban dsb. Weather station kini banyak digunakan diberbagai bidang dan salah satunya pertambangan. Di bidang pertambangan, weather station sangatlah dibutuhkan dan merupakan syarat wajib bagi pertambangan.

 

Weather station adalah syarat wajib yang harus dimiliki oleh setiap pertambangan karena alat ini mampu memonitor cuaca yang ada di daerah pertambangan tersebut karena jika terjadi hujan ketika sedang bekerja maka akan membahayakan pekerja jika terjadi longsor akibat hujan, oleh karena itu ketika hujan akan tiba, pekerja akan di suruh stop sementara sebab proses pertambangan dilakukan 24 jam.

 

Pemerintah menerapkan aturan bahwa jika seseorang ingin memiliki izin untuk membuka lahan pertambangan maka diwajibkan harus memiliki weather station untuk memonitor cauca dan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Weather station yang digunakan biasanya terdiri berbagai sensor namun sensor yang dibutuhkan tergantung sesuai kebutuh, biasnya menggunakan sensor rain gauge, wind speed, wind direction dll tetapi ada juga yang memakai banyak sensor.

 

Weather station yang digunakan untuk pertambangan adalah weather station yang memiliki akurasi yang bagus, dan biasanya memiliki pengukuran yang akurat. HOBO Weather station adalah Automatic Weather Station dengan pengukuran yang akurat serta memungkinkan user untuk memonitoring melalui internet tanpa harus mengunjungi site dimana weather station diletakan.

 

HOBO Weather station adalah weather station dengan teknologi terbaru dengan smart sensor yang akurat dan didugung after sales yang baik. HOBO Weather Station sudah banyak digunakan di berbagai pertambangan dan sudah teruji kualitasnya.

 

Berikut gambaran HOBO Weather station dengan RX3000 data logger

 

 

The HOBO RX3000 Weather Station Starter Kit provides instant access to site-specific air temperature, relative humidity, and wind speed/direction data anywhere, anytime on your desktop or mobile device.
The RX3000 accepts up to 10 plug-and-play Smart Sensors. Just plug in your sensor and it’s automatically recognized – no programming, wiring, or calibration necessary.
This weather station kit includes a one-year cellular data plan plus cloud-based data access through HOBOlink – for 24/7 access to your data and the ability to verify RX3000 system status, set up and manage alarm notifications, and schedule automated delivery of data

 

Features :

  • Provides basic components needed for any weather monitoring application
  • Cloud-based data access
  • Plug-and-play operation
  • Rugged double-weatherproof enclosure
  • Provides alarm notification via text, email
  • In addition to the included temp, RH, wind speed/direction measurements, other sensor options can be added (as noted
  • below), depending on your application requirements

 




Produk Terkait dengan artikel Pentingnya Penggunaan Weather Station Pada Lahan Pertambangan


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji