• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Tensile Strength Menguji Kekuatan Material Keras Sepeti Baja dan Logam

Jum'at, 24 Mei 2019

Tensile Strength merupakan tegangan maksimum yang dapat ditahan oleh material ketika diregangkan atau ditarik, sebelum bahan tersebut patah. Tensile Strength adalah kebalikan dari alat uji tekan, serta nilainya pun bisa berbeda-beda. Beberapa material bisa patah begitu saja tanpa mengalami deformasi, yang berarti benda tersebut bersifat rapuh. Bahan lainnya akan meregang dan mengalami deformasi sebelum patah, yang disebut dengan material elastis.

 

Kekuatan tarik pada umumnya dapat dicari dengan melakukan uji tarik dan mencatat regangan dan tegangan. Titik tertinggi dari kurva tegangan-tegangan disebut dengan kuatan tarik maksimum. Nilainya tidak bergantung pada ukuran bahan, melainkan karena faktor jenis bahan. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi sepeti adanya zat pengotor dalam material yaitu temperatur, kelembaban lingkungan pengujian, dan juga penyiapan spesimen.

 

Kekuatan tarik utama pada material dihitung dengan membagi wilayah dari bahan yang ton per inci persegi bahan. tensile Strength merupakan ukuran penting dari kemampuan bahan untuk tampil di aplikasi, dan pengukuran secara luas digunakan saat menjelaskan sifat-sifat logam.

 

 

Dengan menggunakan alat uji Tensile Strength suatu industri atau perusahan dapat mengetahui material dan bahan yang baik, kuat, dan kokoh. Tensile strength juga merupakan alat pengujian yang digunakan pada industri yang menggunakan material berbahan dasar karet, yang dimana mesin ini digunakan untuk mengetes bahan untuk melihat bagaimana ketahanannya terhadap tenaga tarikan.

 

Tensile Strength merupakan alat yang mudah dan sangat cocok digunakan untuk perindustrian yang membutuhkan keakuratan dalam pengujian terhadap bahan dan material yang ada. Pengujian tarik ini pada umumnya digunakan pada material karet yang padat, logam yang berat, fiber, dan material lainnya. Banyak bahan yang memiliki bobot dan rupa yang sama tetapi kesemua itu memiliki daya tahan yang berbeda-beda terhadap gaya tarik. tentunya pada dunia industri kita harus menentukan bahan mana yang memang condong lebih baik dalam penggunaannya.

 

Alatuji merupakan distributor alat pengujian ternama dan berkualitas yang ada di Indonesia. Alatuji menjual berbagai alat pengujian seperti universal testing machine, tensile strenth, press test, dan beberapa alat pengukuran seperi water level dan weather station. Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan seputar produk silahkan tanyakan melalui chat online yang tersedia di web ini.




Produk Terkait dengan artikel Tensile Strength Menguji Kekuatan Material Keras Sepeti Baja dan Logam


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji