• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Monitoring Water Level di Lahan Gambut Saat Musim Kemarau Tiba!

Jum'at, 19 April 2024

Jelang musim kemarau para pelaku industry lahan gambut diharapkan lebih fokus untuk mengatur ketinggian air pada lahan gambut. Kemarau menjadi anacaman bagi para pelaku industry lahan gambut karena jika musim kemarau tiba ancaman kebakaran pada lahan gambut akan mudah terjadi jika level air pada lahan gambut tidak sesuai standar pemerintah.

 

Pemerintah sudah menetapkan kebijakan mengenai lahan gambut (baca disini mengenai kebijakannya) yakni Berdasarkan peraturan pemerintah Republik Indonesia, Nomor 71 Tahun 2014, Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut, bahwa ekosistem gambut memenuhi kriteria kerusakan apabila muka air tanah di lahan gambut lebih dari 0,4 meter dibawah permukaan gambut. Oleh karena itu pemanfaatan lahan gambut untuk perkebunan harus di atur dan dikelola dengan baik.

 

Para pelaku industry di lahan gambut haruslah memiliki alat pengukuran water level guna dapat mengetahui ketinggian dari kedalaman air di lahan gambut. Hobo water level adalah alat pengukuran yang sudah banyak digunakan di beberapa perusahaan lahan gambut di Kalimantan. Hobo Water level mampu mengukur dengan akurat karena memiliki teknologi yang dikembangan oleh HOBO di Amerika.

 

Pemerintah juga mewajibkan bagi para pelaku industry lahan gambut untuk mempunya alat pengukuran water level dan syarat ini berlaku jika ingin mendapatkan izin dari pemerintah dan jiga tidak memiliki water level maka Hak Guna Usaha akan dicabut dan dikembalikan ke pemerintah. Pemerintah juga menyebutkan bahwa setiap pelaku industry dapat mampu mengelola air jika musim kemarau tiba. Karena air nanti akan dialirkan ke lahan gambut jika level air di lahan gambut tidak mencapai standar.

 

HOBO Water Level memiliki keunggulan dari produk lain salah satunya adalah mampu dikontrol dengan mudah serta user friendly dan memiliki material titanium yang kokoh dan kuat. Contoh produk dari HOBO Water level yakni

 

30-Foot Depth Titanium Water Level Data Logger - HOBO - U20-001-01-Ti

 

HOBO Water Level Titanium direkomendasikan untuk penyebaran air asin untuk pencatatan kadar air dan suhu di lahan basah dan daerah pasang surut. Data logger ini memiliki akurasi tinggi dengan harga terjangkau dan kemudahan penggunaan HOBO, tanpa tabung ventilasi atau desiccant yang tidak praktis untuk pemeliharaan.

Tautan Bermanfaat:

  • Gambar lokasi sensor
  • Demo Asisten Kompensasi Tekanan Barometrik
  • Multi-rate Sampling Demo

 

Feature :

  • Anti petir - tidak ada kabel sinyal yang panjang, dan elektronik dilisensikan di casing/pelindung titanium untuk digunakan di air asin (lihat gambar sensor lokasi sensorWater)
  • Perangkat lunak HOBOware Pro memberikan konversi mudah ke pembacaan tingkat air yang akurat, kompensasi penuh untuk tekanan barometrik (lihat demo), dan kepadatan air.
  • Multiple-rate sampling (lihat demo) memungkinkan pengambilan sampel lebih cepat pada saat-saat kritis seperti saat memompa dimulai atau berhenti.
  • Juga tersedia dalam kisaran kedalaman sempit (U20-001-04-Ti)
  • Ideal untuk digunakan di sumur, sungai, danau, lahan basah dan daerah pasang surut
  • Desain no-vent-tube untuk penyebaran yang mudah diandalkan
  • Tersedia dalam versi stainless dan titanium
  • Sensor tekanan keramik tahan lama
  • Sertifikat kalibrasi NIST-traceable 3-point disertakan



Produk Terkait dengan artikel Monitoring Water Level di Lahan Gambut Saat Musim Kemarau Tiba!


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji