• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Alat Pengujian Portable Yang Mudah Digunakan Tanpa Merusak Material

Jum'at, 26 April 2024

Non Destructive test (NDT) atau uji tanpa merusak adalah sebuah metode yang digunakan dalam industri yang dimana barang yang di uji tidak rusak atau cacat. Penggunaan alat ini biasanya digunakan untuk material atau benda yang sifatnya langsung dipakai atau sudah dibuat lalu di uji dengan alat ini. Non destructive test adalah sebuah metode dan untuk pengujiannya yaitu dengan alat uji.

 

Alat uji ndt ini memiliki bentuk yang lebih ringan atau portable karena penggunaanya kebanyakan memakai sensor ultrasonic. Sensor ultrasonik adalah sebuah sensor yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran fisis (bunyi) menjadi besaran listrik begitu juga sebaliknya. Cara kerja sensor ini didasarkan pada prinsip dari pantulan suatu gelombang suara sehingga dapat dipakai untuk menafsirkan eksistensi (jarak) suatu benda dengan frekuensi tertentu. Disebut sebagai sensor ultrasonik karena sensor ini menggunakan gelombang ultrasonik (bunyi ultrasonik).

 

 

Pengujian ndt atau non destructive test banyak digunakan di berbagai industry baik otomotif ataupun kontruksi. Pengujian ndt ini dimaksudkan untuk mengetahui kekuatan, kekerasan, ketebalan dan juga keretakan pada sebuah material. Pada industry otomotif alat yang banyak digunakan adalah ultrasonic thickness gauge. Ultrasonic thickness gauge berfungsi untuk mengetahui ketebalan suatu material contohnya pada body mobil yang harus di ukur ketebalannya guna memenuhi standar.

 

 

Penggunaan NDT juga banyak digunakan di industri bangunan seperti pemeriksaan gedung ataupun jalanan. Fungsi dari alat pengujian NDT ini tidak lain ialah mengecek kelayakan material pada sebuah bangunan atau gedung tanpa merusak material tersebut. Penggunaan yang mudah karena alatnya yang portable sehingga dapat dibawa kemanapun dan dapat dipakai di manapun berada.

 

Time adalah perusahaan yang mengembangkan alat pengujian NDT terbaik di Asia yang dimana alatnya sudah banyak digunakan di beberapa Negara di Asia khsusnya di Indonesia. Banyak alat pengujian NDT yang dikembangan oleh time seperti pengujian kekerasan (Hardness tester), Pengujian ketebalan pada hasil pengelasan atau cat hingga pengujian atau pengukuran keretakan pada beton.

 

Berikut beberapa produk TIME ndt yang paling banyak digunakan di industry:

 

Ferrous Coating Thickness Gauge TIME2605 Super Accuracy

 

 

TIME®2605 is a digital coating thickness gauge for non-destructive dry film thickness (DFT) measurement. It uses magnetic induction method to measure non-magnetic coatings (e.g. paint, plastic, porcelain enamel, copper, zinc, aluminum, chrome etc.) on ferrous substrates (e.g. iron, nickel etc.). This portable thickness gauge stands out due to its super high accuracy and large memory.

 

Features

  • Magnetic induction (F), measuring the thickness of non-magnetic materials (e.g. Paint, plastic, porcelain enamel, copper, zinc, aluminum, chrome etc.) on magnetic materials (e.g. iron, nickel etc.) .
  • Features two working modes: DIRECT and BATCH & two measuring ways: CONTINUE and SINGLE
  • Statistics include the mean, maximum, minimum, test numbers and standard deviation.
  • Memory of 10000 data
  • Adjustment and Correction: the system error can be corrected by basic calibrating method.
  • Alarming function: alarming automatically if measuring values out of pre-set limitation
  • Battery Indicator: Low battery indicator
  • Printing function: measuring value, statistic value can be printed
  • Error warning Function: error warning in display during malfunction
  • Manual or automatic shutdown.

 

Standard Delivery

 

Main unit 

1

Probe

1

Substrate 

1

Calibration foil 

1

Charger

1

TIME certificate 

1

Warranty card 

1

Instruction manual 

1

 

 




Produk Terkait dengan artikel Alat Pengujian Portable Yang Mudah Digunakan Tanpa Merusak Material


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji