• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Uji Kekuatan Kertas Dengan Alat Bursting Strength

Senin, 24 September 2018

Dalam kehidupan sehari hari tidak asing bagi kita dengan Kotak Karton gelombang atau Kardus. kardus ini digunkan untuk mengemas barang-barang seperti barang elektronik, minuman gelas dan botol, dan masih banyak lagi, dalam pengemasan ini setiap kardus memiliki kekuatan yang berbeda sesuai dengan tipe barang di dalamnya seperti barang elektronik mengunakan kardus yang lebih kuat dari kardus kardus lainya agar barang elektronik ini tidak rusak atau tidak lecet pada saat pengiriman dan contoh barang lain nya adalah barang air kemasan, pada barang ini kardus yang digunakan memiliki ketahanan yang harus kuat juga agar dapat menjaga kualitas barang didalam nya supaya tidak bocor. Lalu bagaimana cara kita mengetahui ketahanan suatu kardus itu ? dengan menggunakan alat Bursting Strength.

 

Bursting Strength berasal dari kata Bahasa Inggris yaitu "burst" berarti meledak atau meletus, dan "strength artinya kekuatan. Jadi dalam arti sederhananya adalah kekuatan yang dibutuhkan untuk meledakkan atau meletuskan lembaran karton gelombang atau yang biasa disebut kardus sampai tembus dan retas. Secara resmi pengertian bursting strength adalah Kekuatan lembaran karton terhadap daya tembus yang diterimanya hingga karton tsb. retak, atau kekuatan maksimal yang bisa diberikan pada selembar Karton sampai karton tersebut retak atau pecah. Dalam bahasa Indonesia kata bursting strength biasanya diartikan Ketahanan Retak atau Ketahanan Tembus.

 

Ada dua faktor yang mempengaruhi ketahanan retak yaitu panjang serat dan ikatan antar serat. Semakin panjang serat semakin besar BS kertas tersebut, tetapi yang lebih berpengaruh adalah ikatan antar serat. Semakin banyak ikatan antar serat akan menyebabkan kertas lebih tahan terhadap tekanan yang datangnya tegak lurus terhadap kertas, sehingga kertas tidak mudah retak. Itulah sebabnya kertas yang mengandung virgin pulp lebih banyak maka mempunyai BS yang lebih tinggi dibanding kertas yang banyak mengandung serat daur ulang karena ikatan antar serat pada virgin pulp sangat banyak.

 

Sebagai illustrasi sederhana bayangkan anda menusukkan sebatan beda tumpul dengan arah tegak lurus diatas permukaan selembar kardus, kemudian anda tekan terus sampai lembaran kartonnya pecah atau sobek.

 

Dari illustrasi sederhana itu dapat dinyatakan bahwa gaya yang anda berikan pada saat menekan sampai pecah atau sobek tadi misalnya 15 kilogram-force makan secara sederhana bisa dikatakan bursting strength / bursting test kardus teresebut adalah 15 kgf.cm.

 

Cara mengukur besarnya Bursting Strength adalah Selembar Kertas diletakkan di permukaan datar dan diberi tekanan sebesar 5 kgf dari atas, sementara di bawah kertas diletakkan membran yang dibawahnya diletakkan sistem hydraulic dengan cairan gliserin. Kemudian diberi tekanan dari bawah dengan sistem hydraulic tersebut, ditambah sedikit demi sedikit sampai akhirnya kertas tersebut pecah. Angka tekanan hydraulic terakhir (maksimum) yang didapatkan pada saat kertas pecah itulah yang dinamakan Bursting Strength dari kertas tersebut.

 

Cara Menghitung besarnya Bursting Strength Karton Box adalah dengan menjumlahkan besarnya BS masing-masing kertas liner penyusunnya ditambah dengan 10% dari BS kertas fluting mediumnya. Contoh : Berapa besarnya BS pada KKG dengan substance K200/M150/K200 Misal besarnya BS kertas K200 = 5.6 dan M150 = 2 Besarnya BS = 5.6+5.6+0.2 = 11.4 Kgf/cm2

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)