• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Mengatasi Pohon Tumbang di Perkotaan Ketika Musim Hujan Tiba

Jum'at, 6 Desember 2019

Masalah yang terjadi di perkotaan ketika musim hujan tiba adalah banjir, pohon tumbang, jalan berlubang dll. Masalah ini terjadi karena tidak adanya pencegahan terhadap lingkungan sekitar seperti ketika banjir yang terjadi karena penyumbatan sampah pada parit akibat membuang sampah sembarangan dan pohon tumbang terjadi karena banyaknya spanduk yang tertancap pada pohon sehingga merusak pohon tersebut yang mengakibatkan tumbang.

 

Masalah pohon tumbang yang sering terjadi di daerah perkotaan sebetulnya dapat diatasi dengan cara pengecekan pada pohon yang ada di kota – kota. Pengecekan ini meliputi pengecekan struktur pada pohon, rongga pohon, dan ketahanan pada pohon. Pengecekan pohon ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat uji ketahanan pohon. Alat uji ketahanan pohon ini banyak digunakan di perkotaan eropa guna menghindari terjadinya pohon tumbang.

 

Alat pengujian pohon sendiri biasanya alat yang portable yakni mudah di bawa kemana saja dan digunakan kapanpun. Alat pengujian pohon saat ini sudah digunakan oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta untuk pengecekan pohon – pohon yang ada di perkotaan. Dinas Kehutanan DKI Jakarta menggunakan alat pengujian pohon Fakopp. Alat pengujian Fakopp ini adalah produk asal Hongaria.

 

 

Alat pengujian Fakopp adalah alat pengujian yang banyak digunakan oleh perusahaan ternama di Indonesia. Sebab, alat ini sudah memenuhi semua alat pengujian pohon seperti pengujian kekuatan pohon, deteksi rongga pada pohon, dan uji kekuatan akar pada pohon. Dinas Kehutanan DKI Jakarta mempercayakan alat pengujian pohon kepada alatuji.com dengan produk Fakopp karena alat yang digunakan sudah lulus uji oleh pihak Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

 

Pengujian pada pohon sangatlah penting mengingat dibulan November ini sudah memasuki musim hujan dan angin kencang, oleh karena itu agar tidak terjadinya musibah karena pohon tumbang dan jatuhnya korban akiibat tertimpa pohon, maka alat pengujian pohon sangatlah diperlukan. Untuk info mengenai alat pengujian pohon kami merangkung spesifikasinya di bawah ini.

 

 ArborSonic 3D Acoustic Tomograph

 

The ArborSonic 3D Acoustic Tomograph is able to detect the size and location of decayed or hollow regions in the trunk non-destructively. It works based on sound velocity measurements between several sensors around the trunk. The basic measurement principle is that sound velocity drops if there is a hole between two sensors.

 

Usage Instruction

  1. Drive the transducers through the bark using a rubber hammer with even spacing around the trunk.
  2. Measure the distances between the transducers with a caliper and enter the measured data to the computer.
  3. Tap each transducer with a steel hammer to generate sound waves. ArborSonic 3D measures the travel times with microsecond precision to each transducer and transmits the data to the computer.
  4. The software calculates and displays the internal sound-velocity distribution of the tree.
  5. Measurements taken at various heights can be assembled into a 3D model.



Produk Terkait dengan artikel Mengatasi Pohon Tumbang di Perkotaan Ketika Musim Hujan Tiba


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji