• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Barometer: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Pengaplikasiannya

Selasa, 16 April 2024

Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara di sekitar kita. Tekanan udara adalah gaya yang diberikan oleh udara di atmosfer bumi karena adanya beratnya. Barometer adalah instrumen penting dalam meteorologi dan ilmu fisika, serta memiliki aplikasi dalam berbagai bidang lainnya. Artikel ini akan menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, dan pengaplikasian barometer.

 

 

 

Pengertian Barometer

Barometer berasal dari kata Yunani "baros" yang berarti berat, dan "metron" yang berarti pengukuran. Oleh karena itu, barometer dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengukur berat tekanan atmosfer. Tekanan atmosfer dapat berubah-ubah karena faktor cuaca, ketinggian tempat, dan perubahan iklim.

 

 

Fungsi Barometer

Fungsi utama barometer adalah untuk mengukur tekanan atmosfer di suatu lokasi tertentu. Informasi tentang tekanan atmosfer sangat penting dalam meramalkan perubahan cuaca. Tekanan udara yang rendah seringkali mengindikasikan kemungkinan cuaca buruk, seperti hujan dan badai. Sebaliknya, tekanan udara yang tinggi dapat menunjukkan cuaca cerah dan kering.

 

 

Jenis Barometer

  1. Barometer Aneroid: Jenis ini tidak menggunakan cairan dan bekerja berdasarkan perubahan volume suatu kompartemen tertutup ketika terjadi perubahan tekanan atmosfer. Barometer aneroid lebih ringan dan portabel dibandingkan dengan jenis cairan, sehingga sering digunakan dalam perangkat ponsel atau peralatan yang membutuhkan pengukuran tekanan yang akurat.

  2. Barometer Cairan: Barometer ini menggunakan kolom cairan, seperti air raksa atau air, untuk mengukur tekanan udara. Tekanan udara akan menyebabkan perubahan tinggi kolom cairan di dalam tabung tertutup. Namun, karena potensi bahaya kesehatan yang terkait dengan penggunaan air raksa, barometer cairan semakin jarang digunakan.

 

 

Pengaplikasian Barometer

  1. Prakiraan Cuaca: Barometer digunakan dalam ramalan cuaca untuk membantu memprediksi perubahan cuaca. Penurunan tajam dalam tekanan atmosfer sering kali menandakan datangnya cuaca buruk.

  2. Navigasi: Barometer digunakan dalam navigasi penerbangan dan maritim. Perubahan tekanan atmosfer dapat membantu dalam menghitung ketinggian dan mengidentifikasi perubahan dalam kondisi penerbangan atau pelayaran.

  3. Penelitian Ilmiah: Barometer digunakan dalam penelitian ilmiah untuk memantau perubahan tekanan atmosfer di berbagai lokasi. Ini membantu dalam pemahaman tentang perubahan iklim dan fenomena cuaca.

  4. Industri: Beberapa industri, seperti industri minyak dan gas, menggunakan barometer untuk memantau perubahan tekanan atmosfer yang dapat memengaruhi operasi mereka.

  5. Rumah Tangga: Beberapa orang masih menggunakan barometer tradisional sebagai dekorasi dan indikator cuaca kasual di rumah mereka.

 

Contoh Alat Barometer

Salah satu contoh dari alat barometer adalah HWS Barometric Pressure Sensor - S-BPA-CM10. Sensor Tekanan Barometrik ini memberikan pengukuran tekanan barometrik rata-rata untuk setiap interval pencatatan pada kisaran 660 mb hingga 1070 mb (19,47 hingga 31,55 inHg). Kisaran suhu pengoperasian untuk sensor ini adalah -40° hingga 70°C (-40° hingga 158°F); daya tahan sensor didukung dari -20° hingga +70°C (-4° hingga +158°F). Sensor pintar khusus ini harus digunakan di dalam selungkup penebang untuk memastikan perlindungan dari paparan langsung terhadap cuaca.

 

Dalam kesimpulan, barometer adalah alat yang berfungsi mengukur tekanan atmosfer dan memiliki peran penting dalam meramalkan cuaca, navigasi, penelitian ilmiah, industri, dan aplikasi lainnya. Dengan memahami pengertian, fungsi, jenis, dan pengaplikasiannya, kita dapat menghargai pentingnya alat ini dalam memahami dan beradaptasi dengan kondisi atmosfer di sekitar kita.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji