• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Penggunaan Universal Testing Machine Untuk Industri Otomotif

Sabtu, 18 Mei 2024

Industri otomotif tidak akan pernah mati oleh waktu dan akan terus berkembang. Demi meningkatkan kualitas dan ketahanan pada material yang akan digunakan dalam industri, biasanya para pelaku industri otomotif melakukan inovasi dengan cara melakukan inovasi baru seperti ketahanan sebuah material kendaraan. Di jaman ini para pelaku industri otomotif membuat suatu produk dengan material yang kuat dan kokoh sehingga durabilitas ketika digunakan akan maksimal dan tidak mudah rusak.

 

Sebelum produk dijual di pasaran, material pada kendaraan akan di uji terlebih dahulu agar ketahanan pada material tidak mudah rusak. Pengujian material itu dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan menggunakan alat pengujian Universal Testing Machine (UTM). Universal testing machine (UTM) adalah alat pengujian yang dapat menguji material dengan tiga cara yaitu dengan pengujian tarik, tekan, dan uji lengkung.

 

Produk yang sudah siap di pasarkan akan di uji melalui test NCAP (New Car Assessment Program).Program ini menguji faktor keselamatan mobil baru. Pengujian ini dilakukan oleh badan independen. Tujuannya untuk membantu produsen mobil meningkatkan teknologi keselamatan pada produk mereka di masa depan. Oleh karena itu sebelum kendaraan dipasarkan terlebih dahulu akan di uji materialnya dengan menggunakan Universal Testing Machine ini.

 

Pengujian yang dapat dilakukan dengan Universal Testing Machine ini meliputi :

 

Uji Tekan (compressive test)

Pengujian tekan ini di khususkan untuk material pada kendaraan seperti body mobil, velg mobil, kaca mobil dll. Pengujian ini akan dilakukan hingga material hancur sehingga parameter dari hasil pengujian akan dievaluasi dan akan di buat ulang material tersebut yang lebih baik dari sebelumnya.

 

 

Uji Tarik (tensile test)

Pengujian tarik betujuan untuk menguji material kendaraan yang berkaitan dengan karet seperti ban, karet penyangga pintu, karet wiper dll. Pengujian ini berfungsi untuk ketahanan karet ketika mengalami tarikan atau gesekan jika digunakan secara terus menerus.

 

 

Uji Lengkung/Lentur (bending test)

Pengujian lengkung ini berfungsi ketika material yang digunakan dalam industri otomotif mengalami tekanan di bagian tengah. Material ini sebetulnya tidak banyak digunakan dalam industri otomotif, akan tetapi ada beberapa sparepart yang mesti di uji dengan menggunakan alat uji lengkung ini.

 

Universal testing machine (UTM) adalah alat uji yang sifatnya destructive test atau pengujian yang akan merusak material sehingga hasil parameter dari pengukuran tersebut menjadi tolak ukur dari kekuatan material tersebut. Universal testing machine ini dapat digunakan di berbagai industri seperti industri karet, baja, plat, besi, karton, baja dan salah satunya industri otomotif ini. Banyak para pelaku industri menggunakan universal testing machine guna mendapatkan hasil material yang berkualitas.

 

Kami menjual berbagai alat pengujian dan pengukuran akurat serta berkualitas seperti universal testing machine, Tree For Testing, Quality Tree Testing, Data Logger, Weather Station. Kami juga menyewakan alat keamanan metal detector dan jasa pengujian SHMS serta PDA Test . Kami adalah distributor resmi Produk TIME dan HOBO di Indonesia dan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kota DKI Jakarta.

 

Untuk pemesanan produk terkait bisa langsung menghubungi telepon : 021 8690 6777 email : sales@alatuji.com




Produk Terkait dengan artikel Penggunaan Universal Testing Machine Untuk Industri Otomotif


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji