• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0816 1740 8927
    0812 1470 6170
    0888 6129 511
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
    0878 7867 0721
  • 0813 1066 1358
    0852 1117 4591
    0813 8742 8586

Meningkatkan Pengukuran Surface Roughness untuk Industri Dirgantara

Kamis, 21 Juni 2018

Metode optik terbaru untuk mengukur permukaan dapat cukup mahir mengukur sulit untuk mengakses permukaan.
 
Pengukuran surface roughness dalam lubang seringkali sulit karena ukuran dan kedalaman lubang. Dalam contoh ini, perlengkapan bor khusus, dipasang di depan perakitan pegangan, akurat posisi probe di daerah yang akan diukur. Selama masuk ke dalam lubang, probe berada dalam posisi dilindungi. Sebuah perangkat mekanik memungkinkan probe untuk jatuh ke posisi pengukuran hanya ketika steker terpasang sepenuhnya terhadap depan membosankan.

Ada banyak aplikasi di mana lebih masuk akal untuk mengukur bagian langsung daripada membawa mereka ke laboratorium metrologi atau mount pada sistem gaging. Ada beberapa aturan untuk desain sistem tersebut.

Dalam produksi kedirgantaraan, pengukuran permukaan sering digunakan untuk banyak komponen, termasuk sistem tekanan tinggi hidrolik dan sistem injeksi bahan bakar. Permukaan pada komponen ini sering sempit dan sulit untuk mengakses, sering berada di kecil o-ring alur atau di sudut aneh di ujung kecil, sulit-untuk-orientasi bagian. Berbagai macam probe telah dikembangkan untuk mengukur permukaan ini, tapi cepat, akurat pementasan bagian-dan karenanya, gaging throughput tetap masalah.

Pada saat yang sama, kebutuhan untuk kualitas dalam komponen sangat penting. Integritas Seal harus permukaan mutlak dan kawin pada konektor tidak harus merusak segel. Dengan demikian, bagian toleransi untuk kedua bentuk dan permukaan akhir pada komponen ini sangat ketat dan kebutuhan untuk kontrol proses pengukuran yang baik adalah ketat.

Metode optik terbaru untuk mengukur permukaan kadang-kadang cukup mahir mengukur ini sulit-untuk-akses permukaan. Namun, metode ini belum diadopsi secara luas dalam industri kedirgantaraan, terutama karena mereka hanya terlalu baru. Dengan kehidupan harfiah di telepon dan tergantung pada integritas sistem, insinyur enggan mengambil risiko perubahan, dan "jika tidak rusak, jangan memperbaikinya" sikap berlaku. Metode jejak tradisional taktil dari permukaan akhir ukur telah divalidasi oleh bertahun-tahun data yang dikumpulkan dan penggunaan sukses. Untuk mendapatkan kepastian yang sama, metode optik tidak akan ragu harus menjalani tahun pengujian paralel untuk mencapai tingkat kepercayaan yang sama.

Meskipun demikian, ada beberapa langkah kedirgantaraan insinyur produksi dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas kecepatan, ketepatan, dan biaya dari proses pengukuran saat menggunakan metode taktil tradisional. Perhatikan tiga pendekatan tersebut: di mana bentuk dan permukaan pengukuran digabungkan pada sistem metrologi high end, kedua di mana bagian yang lebih efisien dipentaskan untuk pengukuran pada sistem seperti itu, dan sepertiga di mana gages permukaan finish disesuaikan untuk memungkinkan akses yang lebih baik ke sulit untuk mengukur fitur pada bagian. Ketiga pendekatan menunjukkan kemudahan ditingkatkan penggunaan dan pengurangan konsekuen dalam kesalahan operator, pengulangan ukur yang lebih baik dan throughput pengukuran ditingkatkan.

sumber : http://www.qualitymag.com/articles/87439-test-inspection-improve-surface-finish-measurement-for-aerospace-manufacturing





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)