• Alat Uji
  • eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com


  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
  • 0878 7867 0721 (Mr. Arya)

Alat Ukur Curah Hujan, Salah satu komponen penting dalam Weather Station di bidang Pertambangan

Kamis, 18 Agustus 2022

Weather Station adalah perangkat alat yang digunakan untuk merekam dan mencatat segala perubahan cuaca, iklim dan atmosfir bumi di suatu wilayah secara otomatis dengan kecepatan tinggi dan akurat. Weather Station Onset dapat digunakan untuk merekam perubahan cuaca dan dapat diaplikasikan untuk penelitian pertanian, ekologi, metrologi, atmosfir, suhu, iklim, dan penelitian lainnya yang berhubungan dengan cuaca.Dukungan fleksibel untuk berbagai sensor,Layar LCD untuk penempatan lapangan yang mudah,Akses data berbasis cloud melalui HOBOlink akses web 24/7 ke data Anda melalui browser web.

 

 

 

 

 

Perlu diketahui bahwa identifikasi curah hujan dibagi menjadi empat kategori:

 

  • Curah hujan dengan volume 0 – 25 mm per hari diidentifikasikan sebagai curah hujan rendah.
  • Curah hujan dengan volume 26 – 50 mm per hari diidentifikasikan sebagai curah hujan sedang.
  • Curah hujan dengan volume 51 – 100 mm per hari diidentifikasikan sebagai curah hujan tinggi.
  • Curah hujan dengan volume di atas 100 mm per hari diidentifikasikan sebagai curah hujan ekstrim.

 

 

HOBO RX3000 Remote Monitoring Station Data Logger

 

 

Hujan deras yang berlebih tak hanya memberikan dampak buruk bagi pedesaan, tapi juga perkotaan. Saat hujan deras, daerah perkotaan dapat mengalami banjir. Tapi perlu dipahami lagi bahwa penyebab banjir adalah sampah yang menyumbat saluran air serta menghalangi air masuk ke dalam tanah.

 

 

Maka dari itu kita harus bisa mengukur curah hujan agar bisa bersiap untuk mengungsi atau memperbaiki saluran air untuk mengantisipasi banjir yaitu menggunakan Rain Gauge Sensor atau Alat ukur curah hujan.

 

 

Rain Gauge Smart Sensor

 

 

Rain gauge smart sensor dapat mengukur curah hujan dengan resolusi 0,2 mm, dan akurasi 1% untuk tingkat curah hujan hingga 12,7 cm. Mekanisme tipping bucket dipasang pada poros stainless steel dengan bantalan kuningan. Model ini termasuk kabel 2m.

 

 

Alat ini dapat mengukur curah hujan hingga 160 inci dengan kecepatan sampai 12,7 cm (5 inci) per jam. Ditenagai baterai dan dilengkapi dengan software. Alat ini merupakan komponen penting dalam Weather Station atau Alat Ukur Cuaca.

 

 

Weather Station adalah alat yang bisa mengukur dan memperkirakan iklim & cuaca di suatu daerah. Alat ini dilengkapi berbagai sensor lainnya untuk mengukur parameter tertentu, salah satunya adalah Alat Ukur Curah Hujan.

 

 

 

 

Automatic Weather Station Data Logger





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji