• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Stasiun Cuaca (Weather Station) Membantu Monitoring Manajemen Kebakaran Hutan

Kamis, 18 April 2024

Pengamatan cuaca yang akurat sangat penting untuk manajemen yang aman dari kebakaran yang ditentukan dan kebakaran yang memanfaatkan sumber daya alam. Pengukuran parameter yang tepat seperti kecepatan angin, arah angin, suhu, kelembaban relatif, titik embun, dan curah hujan memberikan penilaian yang andal atas kondisi saat ini dan memungkinkan prakiraan cuaca yang lebih baik. Ini menghasilkan prakiraan perilaku kebakaran yang lebih baik.

 

 

Pentingnya pengukuran tepat waktu dan tepat tidak dapat dilebih-lebihkan, karena kondisi cuaca secara langsung memengaruhi perilaku api dan asap, kondisi bahan bakar, dan mudah terbakar, dan pada akhirnya, keamanan petugas pemadam kebakaran dan masyarakat.

 

 

Kevin Osborne, kandidat gelar master dalam ilmu kehutanan di California Polytechnic State University, adalah pemadam kebakaran tahun pertama dan anggota sepuluh orang awak di Sequoia Wildland Fire Module (WFM) di Springville, Hutan Nasional Sequoia California. Osborne mencatat bahwa kru Sequoia WFM berspesialisasi dalam memantau dan mengelola kebakaran yang ditentukan sumber daya dan manfaatnya, dan dilatih untuk mengendalikan kebakaran hutan bila diperlukan. Dia mengatakan bahwa krunya akan “memotong garis api, menggunakan gergaji mesin, mendaki dari sini ke ujung bumi, dan melakukan apa pun yang dilakukan oleh kru tangan lainnya.”

 

 

Osborne berada di tempat kejadian di Sheep Fire musim panas lalu, yang dinyalakan oleh petir pada 16 Juli 2010 di Taman Nasional Kings Canyon. Api menyebar ke Sequoia National Forest, dan akhirnya terkandung di sepanjang sisi baratnya.

 

 

Sebagai bagian dari praktik terbaik manajemen kebakarannya, Sequoia WFM menggunakan Stasiun Cuaca HOBO kelas riset untuk mengumpulkan bacaan per jam untuk parameter cuaca. Data diturunkan setiap hari, dibuat grafik menggunakan perangkat lunak HOBOware yang menyertainya, dan ditinjau selama briefing pagi untuk memberi tahu kru tentang tren cuaca kebakaran terbaru.

HOBO RX-3000 Weather Station Online Monitoring Data Logger

 

 

Osborne melaporkan bahwa dalam satu contoh, selama operasi pemadaman malam diadakan untuk menahan api, stasiun cuaca ditetapkan untuk dibaca setiap setengah jam, karena kegelapan menyulitkan untuk menggunakan kit cuaca sabuk tradisional (sebuah psychrometer sling untuk mengukur kelembaban, angin meter, dan tabel konversi). Dia menjelaskan, “Selama operasi peningkatan risiko di mana perangkat menembak digunakan, memiliki pembacaan cuaca setiap setengah jam adalah penting untuk memastikan bahwa suhu, kelembaban, dan karakteristik angin tidak berubah ke kondisi yang dapat mengurangi keselamatan petugas pemadam kebakaran. Karena setiap pembacaan pada setengah jam diturunkan, itu dibaca melalui frekuensi radio taktis sehingga petugas pemadam kebakaran menyadari kondisi cuaca. “

 

 

Meskipun terutama digunakan sebagai data pengamatan pada briefing pagi selama Api Domba, Osborne mengatakan bahwa Fire Behaviour Analysts akan dapat menggunakan data cuaca kebakaran yang dikumpulkan di masa depan sebagai input untuk memodelkan perangkat lunak pemodelan seperti FSpro (model prediksi yang melihat probabilitas penyebaran api). Dengan cara ini, informasi pencatat data HOBO dapat berkontribusi lebih banyak lagi pada peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang perilaku kebakaran, dengan demikian semakin meningkatkan pemadam kebakaran dan keselamatan publik.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji