• Alat Uji
  • eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com


  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
  • 0878 7867 0721 (Mr. Arya)

Testing Machine

Kamis, 18 Agustus 2022

Testing machine merupakan alat pengujian yang sering digunakan industri sebagai pacuan evaluasi. Instrument tersebut juga dikenal sebagai Universal Testing Machine (UTM) atau Material Testing Machine, yang berfungsi untuk menguji material atau bahan yang akan digunakan industri dalam membuat produk mereka. Tujuan utama pengujian ini untuk mengetahui karakteristik dari suatu material atau bahan.

 

Dengan mengetahui karakteristik material atau bahan tersebut, akan mempermudah industri dalam membuat produk mereka agar sesuai dengan standar dan keinginan. Instrument ini banyak digunakan oleh industri besar seperti furnitur rumah hingga industri pembangunan jembatan layang. Pengujian ini termasuk destructive test yaitu pengujian merusak material yang akan diuji, guna mengetahui karakteristik material tersebut dengan sangat detail

 

Jenis-jenis Testing machine

 

Testing machine tersebut memiliki banyak tipe, seperti berikut ini:

 

- Hydraulic Universal Testing Machine

Alat ini dirancang untuk menguji bahan besi guna mengetahui nilai struktural seperti kekuatan luluh dan kekuatan tarik. Selain untuk uji tarik, Mesin ini juga dapat digunakan untuk uji tekan hingga kapasitas mesin.

 

- Pulsating Fatigue Testing Machine

Alat ini dirancang untuk melakukan pengujian dengan mengukur gaya yang diberikan pada sampel, gaya akan terus diberikan hingga sampel gagal. Seperti namanya tes fatigue atau kelelahan membantu menentukan harapan hidup sampel uji di bawah beban layanan aktual dalam aplikasi dunia nyata.

 

- Electronic Universal Testing Machine

UTM satu ini dapat digunakan untuk mengetahui karakteristik material seperti logam, plastik, bio, bahan komposit, kawat, kertas dan film, karet, suku cadang mobil kecil, peralatan elektronik, ruang angkasa, serat, dll.

 

- Pressure Testing Machine

Alat ini digunakan untuk memastikan pipa, selang, dan tabung cocok untuk mentolerir tekanan yang telah ditentukan. Peralatan pengujian tekanan hidrostatik biasanya terdiri dari pompa, pengukur tekanan, dan katup pelepas.

 

- Steel Strand Testing Machine

Mesin ini dirancang untuk menguji berbagai bahan logam dan non-logam dan dapat melakukan uji tarik, tekan, lentur, dan tekuk. Pada semua model load cell digunakan untuk pengukuran beban untuk mencapai akurasi beban terbaik selama pengujian.

 

Relaxation Testing Machine

Alat ini digunakan untuk menentukan jumlah deformasi yang dialami material dari waktu ke waktu saat berada di bawah beban tarik atau tekan terus menerus pada suhu konstan.

 

- Fiction And Wear Testing Machine

Mesin ini digunakan untuk evaluasi kinerja pelumasan berbagai minyak pelumas dan gemuk. Ini sangat cocok untuk evaluasi kinerja anti gores oli roda gigi otomotif kelas menengah dan tinggi.

 

- Anchoring Testing Machine

Alat ini dirancang untuk menghitung ketahanan desain bahan dasar dan dapat menentukan sistem jangkar mana yang tepat untuk proyek Anda. Sebuah angkur dapat diuji sampai titik kegagalannya dengan uji tarik yang merusak, atau diuji dengan beban bukti yang merupakan uji non-destruktif.

 

- Bending Testing Machine

Mesin ini digunakan untuk mengukur lenturan atau lengkungan material yang diberi pembebanan.

 

Electronic Creep Testing Machine

Mesin ini dirancang untuk untuk mengukur seberapa kuat material jika terkena panas yang berlebih apakah material akan meleleh atau tidak.

 

Spring Testing Machine

Mesin testing satu ini berfungsi sesuai namanya yaitu spring atau pegas yang menguji pegas laminasi dan pegas koil di bawah beban tekan dan tekuk. Mesin-mesin ini dikontrol secara ketat untuk sensitivitas, akurasi, dan kalibrasi di setiap tahap pembuatannya.

 

Keunggulan Menggunakan Testing Machine

 

Testing machine memiliki banyak keunggulan mulai dari sifatnya yang universal sehingga dapat digunakan untuk identifikasi karakteristik material serta pengukuran yang sangat detail. Instrument ini sudah banyak digunakan oleh industri besar untuk mengevaluasi material pada produk mereka.

 

 

 

 




Produk Terkait dengan artikel Testing Machine


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji