• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0816 1740 8927
    0812 1470 6170
    0888 6129 511
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
    0878 7867 0721
  • 0813 1066 1358
    0852 1117 4591
    0813 8742 8586

Monitoring Suhu Dan Kelembaban Penyimpanan Kentang

Rabu, 18 Juli 2018

Kentang merupakan komoditi pokok pengganti nasi dan gandum untuk berbagai wilayah di dunia. Namun terselip masalah yang sangat besar bagi para pengusaha atau produsen kentang di dunia. Ketika menyimpan kentang yang dipasarkan agar tetap segar dengan mempertahankan suhu yang sesuai dan kelembaban relatif adalah dua faktor lingkungan penting yang diperlukan untuk penyimpanan yang tepat. Kondisi lingkungan yang tidak cocok kentang yang disimpan dapat menyebabkan penurunan bobot kentang, susut atau pembusukan. Pengelolaan secara aktif untuk suhu dan kelembaban relatif dalam penyimpanan memungkinkan memaksimalkan kualitas dan kuantitas kentang yang dapat digunakan mengikuti tahap penyimpanan.


Produsen pun mulai menyadari hal ini tidak terkecuali dengan Strauss Frito-Lay. Strauss Frito-Lay merupakan perusahaan patungan antara Grup Strauss dan perusahaaan makanan Amerika PepsiCo. Strauss Frito-Lay mendirikan pabrik makanan ringan pada tahun 1990, pembuatan berbagai macam makanan ringan terutama dengan rasa asin. Strauss Frito-Lay beroperasi dalam standar tertinggi, prosedur dan teknologi global PepsiCo Corporation.


Berbagai masalah timbul agar penyimpanan kentang tetap segar antara lain :


- Mempertahankan kondisi lingkungan yang tepat selama penyimpanan kentang adalah hal penting tidak hanya untuk penyimpanan tetapi juga dalam menghilangkan penyusutan berlebihan dan pembusukan kentang. Suhu yang sesuai dan kelembaban relatif di fasilitas penyimpanan kentang merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan ini.
- Kondisi lingkungan harus dipertahankan pada suhu sekitar 8,5-9,5 ° C (47,3-49,1 ° F) dan antara 92% sampai 97% kelembaban relatif. Dalam rangka untuk memastikan bahwa kualitas kentang yang disimpan dipertahankan sampai pengolahan,
- Strauss Frito-Lay telah memasang sistem komputerisasi untuk mengontrol suhu dan kelembaban relatif di fasilitas penyimpanan. Sistem ini menampilkan kondisi saat ini tetapi tidak memiliki kemampuan untuk logger secara terus menerus dan perekaman data.
- Oleh karena itu, Strauss Frito-Lay tertarik dalam solusi data logging untuk back-up sistem komputerisasi mereka, memberikan pemantauan suhu dan kelembaban relatif selama 24 jam untuk validasi manual dari data yang ditampilkan oleh sistem online, serta untuk menghasilkan laporan untuk analisis khusus, mengikuti perubahan kondisi di fasilitas penyimpanan.


Dengan berbagai masalah tersebut, bagaimana menjaga penyimpanan kentang agar tetap segar ? MicroLite II data logger dengan Suhu internal yang / sensor RH (PN: LITE5032-RH ) merupakan solusi bagi para pengusaha penyimpanan makanan dan minuman terutama untuk tanaman kentang.


Dalam penggunaannya, perangkat Microlite II Temp / RH ditempatkan di dalam wadah kentang terletak di fasilitas penyimpanan, melakukan monitoring terus menerus dan merekam suhu dan kelembaban relatif. Perangkat ini digunakan untuk secara manual memverifikasi bahwa data sedang ditampilkan oleh sistem kontrol iklim terbaik dan dapat diandalkan.

 

Menggunakan perangkat lunak DataSuite, juga digunakan untuk menghasilkan laporan visual terhadap data login selama periode dua minggu, untuk mempelajari efek dari kondisi berubah pada kentang yang disimpan. Laporan data PDF diproduksi menggunakan perangkat lunak DataSuite gratis, yang menunjukkan adanya penyimpangan dari rentang pengukuran yang ditetapkan.


Dengan monitoring atau pemantauan suhu yang dilakukan terus menerus dapat menghasilkan keuntungan antara lain :


- Efisiensi biaya - Sangat cocok digunakan untuk seluruh perusahaan di berbagai bidang dengan memberikan hasil yang maksimal tetapi sumber daya minimal.
- Mudah digunakan – Microlite sangat user-friendly dan mudah digunakan tanpa membutuhkan sumber daya tambahan untuk mengoperasikan perangkat.
- ROI tinggi – Perekaman data yang sangat cepat oleh logger microLite dan analisis yang disediakan secara bebas DataSuite Software memungkinkan Strauss Frito-Lay ke continuosly belajar dan memperbaiki kondisi penyimpanan mereka.
- Sesuai standar dan peraturan - Menggunakan Ekspor data ke fitur Excel ™ membuktikan integritas data dan laporan visual yang intuitif yang dihasilkan oleh DataSuite menyediakan rekaman data transparan memenuhi standar dan peraturan PepsiCo Corporation.


Perekaman data untuk monitoring suhu dan kelembaban telah efektif berjalan di Straus Frito-Lay. "Solusi microLite memungkinkan kita untuk menyadari besar nilai untuk uang - dengan biaya rendah, solusi ini user-friendly untuk back-up sistem kontrol iklim kita, kita dapat terus memantau dan merekam suhu dan kelembaban relatif kondisi kentang kami disimpan." Noam Peleg, ahli agronomi dari Strauss Frito-Lay


Kutipan : fourier





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)