• Local Phone

    021 8690 6777

    021 8690 6771

    021 9529 3259

  • GSM Celuller

    0816 1740 8927

    0812 8006 9024

    0817 6700 726

  • Customer Care

    0815 1777 2387

  • Email

    sales@alatuji.com

    BlackBerry Pin: 2856BC08

     

  • Sales

Home>>  Article>>  Alat Uji Angin Anemometer Pada Ruang Terbuka
 

SERVICE & SUPPORT

 

TESTIMONIALS

 
Customer Care
 
 
 
Universal Testing Machine
Xbanner 3
Xbanner 2
Xbanner 1
Banner Dealer2

Alat Uji Angin Anemometer Pada Ruang Terbuka

04 September 2013 02:49


Alat Uji Angin digunakan untuk menguji dan mengukur kalkulasi aliran udara atau angin, berfungsi sebagai alat uji untuk mengukur kecepatan angin atau juga sering disebut dengan “anemometer”.

 

Anemometer adalah Alat Uji Angin yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin, dan merupakan instrumen stasiun cuaca umum. Istilah ini berasal dari kata Yunani “anemos”, yang berarti angin.


anemos digunakan untuk menggambarkan setiap instrumen pengukuran kecepatan udara yang digunakan dalam meteorologi atau aerodinamis.

Selain anemometer juga terdapat alat pengukuran angin lainnya, yaitu alat untuk mengetahui arah angin yang dinamakan WindVane dan Windsock yang merupakan Alat Uji Angin untuk mengetahui arah angin dan  memperkirakan besar kecepatan angin. Yang biasanya ditemukan di bandara – bandara.


Alat Uji Angin yang paling baik untuk mengukur angin adalah Wind Vane dan Anemometer. Dimana alat pengukur kecepatan angin dibagi menjadi 3 bagian beserta gambarnya, yaitu :

 


anemometer cup

anemometer tube

anemometer plate

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.    Anemometer Cup dan Vane (velocity anemometer

Alat ini mengukur banyaknya udara yang melalui alat per satuan waktu.
 

2.    Pressure Tube Anemometer

Alat ini bekerja disebabkan oleh tekanan dari aliran udara yang melalui pipa-pipanya.
 

3.    Pressure Plate Anemometer

Lembaran logam tertentu, ditempatkan tegak lurus angin. Lembaran logam ini akan berputar pada salah satu sisinya sebagai sumbu. Besar penyimpangan (sudut) menjadi kecepatan angin.


Anemometer harus ditempatkan diruang lingkup lingkungan terbuka. jadi prosesnya adalah pada saat tertiup angin, baling-baling yang terdapat pada anemometer akan bergerak sesuai dengan arah angin yang berhembus.

Di dalam anemometer terdapat alat pencatat yang akan menghitung kecepatan angin. Hasil yang diperoleh alat akan dicatat, kemudian dicocokkan dengan Skala Beaufort.


skala beaufort


Salah satu jenis anemometer antara lain Anemometer termal, dimana sensor yang digunakan untuk mengukur jumlah kecepatan dari fluida (angin) sesaat. Cara kerja dari sensor tersebut berdasarkan atas jumlah panas yang hilang dengan cara konvektif dari sensor ke arah lingkungan sekeliling dari sensor.



 Peralatan anemometer memerlukan proses kalibrasi, kalibrasi dilakukan secara periodik untuk menjaga nilai akurasi atau ketepatan nilai pada proses pengukuran. Anemometer dibutuhkan untuk bidang meteorologi, pengamatan terhadap iklim-iklim, cuaca dan sebagainya.



Peralatan yang satu ini dari sistem pembacaannya termasuk ke dalam peralatan non recording, yakni alat yang digunakan karena pembacaannya hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu untuk mengetahui berbagai kondisi dan perubahan cuaca.

(thcteam)