• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Alat Uji Angin Anemometer Pada Ruang Terbuka

Jum'at, 19 April 2024

Alat Uji Angin digunakan untuk menguji dan mengukur kalkulasi aliran udara atau angin, berfungsi sebagai alat uji untuk mengukur kecepatan angin atau juga sering disebut dengan “anemometer”.

 

Anemometer adalah Alat Uji Angin yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin, dan merupakan instrumen stasiun cuaca umum. Istilah ini berasal dari kata Yunani “anemos”, yang berarti angin.


anemos digunakan untuk menggambarkan setiap instrumen pengukuran kecepatan udara yang digunakan dalam meteorologi atau aerodinamis.

Selain anemometer juga terdapat alat pengukuran angin lainnya, yaitu alat untuk mengetahui arah angin yang dinamakan WindVane dan Windsock yang merupakan Alat Uji Angin untuk mengetahui arah angin dan  memperkirakan besar kecepatan angin. Yang biasanya ditemukan di bandara – bandara.


Alat Uji Angin yang paling baik untuk mengukur angin adalah Wind Vane dan Anemometer. Dimana alat pengukur kecepatan angin dibagi menjadi 3 bagian beserta gambarnya, yaitu :

 


anemometer cup

anemometer tube

anemometer plate

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.    Anemometer Cup dan Vane (velocity anemometer

Alat ini mengukur banyaknya udara yang melalui alat per satuan waktu.
 

2.    Pressure Tube Anemometer

Alat ini bekerja disebabkan oleh tekanan dari aliran udara yang melalui pipa-pipanya.
 

3.    Pressure Plate Anemometer

Lembaran logam tertentu, ditempatkan tegak lurus angin. Lembaran logam ini akan berputar pada salah satu sisinya sebagai sumbu. Besar penyimpangan (sudut) menjadi kecepatan angin.


Anemometer harus ditempatkan diruang lingkup lingkungan terbuka. jadi prosesnya adalah pada saat tertiup angin, baling-baling yang terdapat pada anemometer akan bergerak sesuai dengan arah angin yang berhembus.

Di dalam anemometer terdapat alat pencatat yang akan menghitung kecepatan angin. Hasil yang diperoleh alat akan dicatat, kemudian dicocokkan dengan Skala Beaufort.


skala beaufort


Salah satu jenis anemometer antara lain Anemometer termal, dimana sensor yang digunakan untuk mengukur jumlah kecepatan dari fluida (angin) sesaat. Cara kerja dari sensor tersebut berdasarkan atas jumlah panas yang hilang dengan cara konvektif dari sensor ke arah lingkungan sekeliling dari sensor.



 Peralatan anemometer memerlukan proses kalibrasi, kalibrasi dilakukan secara periodik untuk menjaga nilai akurasi atau ketepatan nilai pada proses pengukuran. Anemometer dibutuhkan untuk bidang meteorologi, pengamatan terhadap iklim-iklim, cuaca dan sebagainya.



Peralatan yang satu ini dari sistem pembacaannya termasuk ke dalam peralatan non recording, yakni alat yang digunakan karena pembacaannya hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu untuk mengetahui berbagai kondisi dan perubahan cuaca.

(thcteam)




Produk Terkait dengan artikel Alat Uji Angin Anemometer Pada Ruang Terbuka


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji