• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Apa Itu Camera Borescope

Jum'at, 19 April 2024

Pada umumnya dan sering kita temukan adalah sebuah camera, apabila kita dipertanyakan tentang apa itu camera borescope, pastinya orang yang belum terbiasa mendengar istilah ini akan menggelengkan kepala saat dipertanyakan akan hal tersebut.


Sebuah camera borescope adalah sebuah perangkat optic, perangkat optic ini memiliki bagian yang terdiri dari 2 tabung, yaitu : tabung dengan tekstur kaku dan fleksibel. Tabung ini dilengkapi dengan mata lensa pada salah satu bagian ujung tabung. diantara lensa objektif pada sisi lain dihubungkan oleh sistem relay optic.


System optic camera borescope pada umumnya dikelilingi oleh serat optik yang digunakan menjadi penerangan dari pada remote object. Pada sebuah gambar (object) internal dari objek diterangi dibentuk oleh lensa obyektif dan diperbesar oleh lensa mata yang menyajikan kepada mata pemirsa.


Camera Borescopes kaku dan fleksibel dapat dilengkapi dengan perangkat lainnya, seperti perangkat pencitraan atau video. Perangkat ini merupakan teknologi yang modern untuk membantu dalam bentuk pencitraan pada objek yang telah ditentukan.


Camera Borescope pada umumnya digunakan pada bidang pekerjaan inspeksi, dimana daerah yang akan ditela’ah tak dapat diakses dengan berbagai cara. Ada pun perangkat sejenis untuk dipergunakan pada bagian tubuh manusia, yang mungkin biasa kita kenal dengan istilah endoskopi.

 

Borescopes sebagian besar dipergunakan pada ruang lingkup teknik pengujian non destruktif untuk mengenali dan mendeteksi cacat atau ketidaksempurnaan pada object pengujian.

 
inspeksi visual biasanya menggunakan camera borescope dalam proses pengujian serta pendeteksiannya. Biasanya Borescopes digunakan dalam inspeksi visual pada mesin-mesin pesawat, turbin gas industri aeroderivative, turbin uap, mesin diesel, mesin otomotif dan truk.


Pada Gas dan uap turbin merupakan unsur yang memerlukan perhatian khusus karena sebuah standarisasi safety first (keselamatan yang paling utama) oleh sebab itu kegiatan maintenance (pemeliharaan).


Camera Borescope mesin ini dapat dipergunakan untuk mencegah kegiatan-kegiatan maintenance (perawatan) yang dapat di minimalisir, karena dengan kegiatan maintenance yang efisien dan terstruktur akan menghemat biaya maintenance.


(rino/alatuji.com)





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji