• Alat Uji
  • eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com


  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
  • 0878 7867 0721 (Mr. Arya)

Apa Itu Uji Retak

Rabu, 30 November 2022

Apa yang dimaksud dengan Uji Retak, Uji retak adalah suatu kegiatan pengujian dimana kegiatan pengujian dilakukan pada material atau objek untuk mengetahui tingkat retakan yang terdapat pada objek atau material yang dilakukan pengujian, metode pengujian ini sudah banyak digunakan.

 

Pengujian keretakan umumnya dilakukan dengan menggunakan alat uji retak guna mengetahui tingkat keretakan mulai dari kedalaman, ketinggian, sampai kelebaran retakan pada suatu objek pengujiannya.

 

Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur serta mengetahui tingkat retak yang terjadi pada suatu objek , lalu akan menghasilkan sebuah nilai keluaran yang nantinya akan dijadikan bahan analisa sebagai materi yang akan dipelajari untuk menemukan solusi dari pada permasalahan retakan yang terjadi pada suatu objek.

 

Uji retak ini sudah banyak dilakukan begitu juga dengan alat uji-nya, beberapa contoh pengujian ini telah dilakukan pada beberapa kondisi dan beberapa objek, yaitu pengujian terhadap jembatan, ruas jalan toll/jalan raya, dinding, dll.

 

Pengujian ini juga dapat dilakukan terhadap material seperti material Beton, Besi, Batuan, dll. Pengujian ini sudah banyak digunakan dengan tujuan maintenance (pemeliharaan) atau pun Repair (perbaikan).


Uji retak ini juga bisa menjadi kegiatan yang rutin atau berkala pada jangka waktu tertentu atau dalam jangka waktu yang telah disesuaikan. Contohnya pengujian retakan ini dilakukan berkala pada jalan toll dengan tujuan menjaga serta merawat kondisi dan kontur jalan agar tetap pada kondisi yang baik.

https://lh4.googleusercontent.com/BM3SQO0N90YORlu5rI1Y5eVjFfPvWIO_pDfA01ma_Q=w246-h207-p-no

“Mengapa uji retak dilakukan pada jalan toll?” karena kontur jalan yang selalu dilalui berbagai macam kendaraan dengan volume tekanan yang berbeda-beda serta kendaraan dengan kecepatan tinggi akan mempengaruhi kondisi jalan toll, sehingga jalan toll harus selalu dalam kondisi yang baik.

 

Pengujian retakan pada jalan toll dan maintenance jalan toll memiliki tujuan utama, yaitu menjaga kondisi jalan toll agar tetap dalam kondisi terbaik untuk menghindari kecelakaan pada ruas jalan toll yang dikarenakan kondisi jalan yang tidak baik.

 

(rino/alatuji.com)





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji