• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Manfaat Coating Thickness Gauge Untuk Pipa Industri

Selasa, 19 Maret 2024

Salah satu industri yang menjanjikan prospek dengan pendapatan yang berlipat adalah bidang minyak bumi dan gas. Tentunya di dalam perindustrian akan menggunakan peralatan dari mulai yang kecil sampai yang besar. Semuanya diperlukan untuk mengolah sumber daya yang ada sehingga menjadi hasil industri yang diinginkan.

 

Dalam perindustrian minyak bumi dan gas, alat yang dibutuhkan salah satunya adalah pipa. Pipa tersebut merupakan bagian terpenting dalam sebuah industry minyak bumi dan gas. Gas atau minyak akan dialirkan dari sumber untuk kemudian diolah oleh mesin. Hasil olahan kembali dialirkan dalam pipa menuju tanki-tanki penampung dan siap untuk didistribusikan. Demikian pentingya pipa dalam industri minyak dan gas sehingga kualitas pipanya pun harus diperhatikan.

 

Sebagian dari kita pasti pernah berjumpa dengan benda yang berbentuk tabung ini, bahkan mungkin semuanya. Pipa merupakan alat yang berbentuk tabung yang memiliki manfaat sebagai penyalur. Yang namanya penyalur tentu yang disalurkannya berupa cairan seperti air atau minyak. Dengan kata lain, pipa merupakan jalur transportasi bagi benda cair tersebut.

 

Sesuai dengan manfaatnya, pipa pada perindustrian ini juga memiliki manfaat yang sama dengan pipa yang sering kita jumpai. Sebagai media transportasi minyak dan gas minyak dari sumur-sumur pengeboran menuju tempat penyimpanan atau pengolahan.

 

Sebagai media transportasi, system perpipaan dalam perindustrian merupakan sarana yang sangat vital dalam kegiatan industri. Karena tidak hanya menimbulkan dampak kerusakan dan kegagalan dalam perindustrian, tetapi juga ancaman keselamatan dan kerusakan lingkungan hidup.

 

Oleh karena itu, dalam sebuah perancangan system perpipaan diperlukan analisis yang menyeluruh dari berbagai aspek. Salah satunya Coating Thickness dinding pipa yang digunakan dalam sisitem ini.

Perhitungan ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan pipa dari pengaruh tekanan baik yang bersumber dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal). Apabila perhitungan ketebalan pipa tersebut tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, maka akan menyebabkan kebocoran yang akan mengundang bencana.

 

Kesalahan dalam perhitungan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan alat pengukur ketebalan yang detail dan akurat seperti Coating Thickness Gauge.

Penggunaan Coating Thickness Gauge untuk mengukur ketebalan pipa dalam system perpipaan perindustrian merupakan keputusan yang sangat efektif dilakukan sebelum perangkaian system perpipaan dilakukan.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji