• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Jembatan Musi II Retak!

Sabtu, 27 April 2024

Pernahkah Anda berkunjung ke sungai Musi di kota Palembang ?. Ada sebuah jembatan yang membentang dengan hilir di kecamatan Gandus dan  Hulu di kecamatan Kertapati ini dibangun pada tahun 1994 dengan panjang total 520 m dan lebar jembatan 9 m. Jembatan ini bernama Musi II. Kondisi jembatan ini sangat memprihatinkan dan membutuhkan perawatan yang mendesak. Penyebab kerusakan parah pada jembatan Musi II ini diketahui karena ratusan bautnya yang  sudah tidak berfungsi lagi atau kendor dan patah. Jembatan yang sering kali digunakan untuk tongkang batubara yang melintas kini tidak mampu lagi menahan benturan. Karena rangka bajanya hanya mampu menopang benda 15.000 ton beban.

 

Disamping itu Jembatan tersebut telah memiliki keretakan yang sangat banyak. Seharusnya jembatan sekelas Musi II dapat bertahan hingga puluhan tahun namun kenyataannya keretakan ini hadir lebih cepat dari perkiraan.  Duplikasi dan perbaikan pun dimulai pada tahun 2012 lalu dengan anggaran 150 Milyar oleh Pemprov. Sumsel. Tentunya perbaikan ini tidak boleh dikerjakan dengan asal-asalan oleh kontraktor. Harus dilakukan uji keretakan terlebih dahulu agar jembatan yang direnovasi sesuai dengan tingkat kerusakannya. Untuk menguji tingkat keretakan dapat digunakan crack detector. 

Begitu banyak produk crack detector yang mampu menguji keretakan dengan akurat. Alat ini mampu mengukur retakan baik kedalamannya maupun lebarnya. Untuk beberapa kasus alat ini juga dapat dipergunakan sebagai pendeteksi kerusakan atau cacat sehingga dapat dilakukan perbaikan dini pada tembok atau benda tersebut sebelum kerusakan semakin parah.

 

Retak sendiri didefinisikan sebagai dari satu kesatuan yang rusak dan membentuk garis terbelah pada material tertentu dan dapat menjadi indicator ketidaksempurnaan suatu material yang dapat mempengaruhi kualitas dan kekuatan produk material itu sendiri. Sehingga semakin jelas bahwa pengujian keretakan dengan menggunakan crack detector ini sangat diperlukan untuk menjaga kwalitas sebuah material.

 

Crack detector dinilai sebagai alat yang dapat memberikan informasi dari retakan yang terjadi pada material. Sehingga data dapat digunakan untuk kepentingan analisa kualitas dan kekuatan material sehingga pengguna dapat menentukan standar yang diinginkan.

 

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji