• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Jokowi-JK Dilantik, Pengamanan Kompleks Parlemen Sangat Ketat

Jum'at, 29 Maret 2024

Indonesia akan memiliki Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) baru usai Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mengucap sumpah jabatan untuk periode 2014-2019. Acara pelantikan hari ini mendapatkan pengamanan ekstra ketat dari gabungan aparat keamanan.

 

Dari pantauan, pengamanan di sekitar halaman belakang gedung MPR/DPR sejak pukul 07.00 WIB terlihat sangat ketat. Tampak barisan penjagaan telah terlihat di depan Hotel Mulia.

 

Seluruh pengendara mobil dan motor yang akan memasuki area tersebut harus menunjukkan identitas. Yang diperbolehkan masuk hanya para karyawan MPR/DPR, tamu undangan dan para wartawan.

 

"Tunjukkan ID-nya baru boleh masuk," kata seorang polisi yang berjaga-jaga di pintu masuk gedung, Senin (20/10/2014) .

 

Memasuki halaman gedung Nusantara II, terlihat puluhan mobil polisi, kendaraan tempur dan para anggota kepolisian dan TNI yang lalu lalang menyiapkan barikade. Lebih dari 24 ribu personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya pelantikan, baik dari TNI maupun Polri. 

 

Pengamanan terdiri dari 4 ring di sekitar Gedung MPR/DPR. Polri juga akan membuat pagar betis mulai dari Gedung MPR ke Istana. Meski sejumlah ruas jalan akan ditutup, Kapolisian mengimbau agar rakyat tetap beraktivitas seperti biasa. 

 

Sebanyak 9 kepala negara dan 8 utusan khusus mewakili negaranya masing-masing akan menghadiri pelantikan Jokowi-JK.

 

Adapun 9 kepala negara yang sudah memastikan hadir, yaitu Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Najib Razak, PM Republik Haiti Laurent Salvador Lamothe, Gubernur Jenderal Papua Nugini Michael Ogio, Presiden Iran Hassan Rouhani, dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani Iran, PM Australia Tony Abbott, serta wakil PM Thailand Prayut Chan-o-cha.

 

Utusan khusus yang menghadiri pelantikan Jokowi-JK di antaranya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri Inggris, Menteri Federasi Rusia, Utusan Khusus Tiongkok, Utusan Khusus Vietnam, Menteri Luar Negeri Belanda, Menteri Luar Negeri Selandia Baru, dan mantan Perdana Menteri Jepang.

 

Salah seorang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang enggan disebutkan namanya mengaku, persiapan pengamanan di ruang Rapat Paripurna I tempat pelantikan Jokowi-JK sudah dimulai sejak pukul 05.00 WIB. "Jokowi rencananya akan datang pukul 09.00 WIB. Dan acara pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB," ucapnya.

 

Selain banyaknya polisi dan paspampres yang mengawal pelatikan Jokowi-JK, di dalam gedung tersebut pasti juga ada Metal detector. Yaitu alat untuk mendeteksi logam, alat tersebut menscan dan memonitor barang bawaan para tamu undangan. Apabila salah satu barang bawaan tamu tersebut terdeteksi mengandung logam berbahaya  Metal detector tersebut akan memberi peringatan dan petugas yang ada di sana akan mencek barang bawaan tamu tersebut untuk mencegah barang asing masuk ke dalam gedung tersebut seperti bom rakitan dan lain-lain.

 

Setelah dirasa aman barulah tamu yang sudah di cek barang bawaannya barulah tamu tersebut diperbolehkan memasuki gedung dan mengukit pelantikan presiden dan wakil presiden Jokowi-JK.

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji