• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Bangun Balai Pengujian Kereta Api, Kemenhub Siapkan Rp 9 Miliar

Jum'at, 29 Maret 2024

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun balai pengujian kereta api di kawasan Banten. Rencananya Kemenhub akan menganggarkan dana awal pembangunan sekitar Rp 9miliar.

 

"Kita belum punya balai pengujian. Tapi kita berencana bangun di Banten. Dana pembangunan tempat uji layak Rp 9 miliar tahun depan, target Rp 500 miliar," ujar Direktur Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Dwi Budi S saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jakarta.

 

Dia menjelaskan, dana Rp 9 miliar itu memang relatif kecil, pasalnya pembebasan lahan pun belum selesai. Rencananya balai pengujian akan memiliki panjang trek 10 kilometer. "Lahan belum beres, panjang 10 kilometer, pembebasan double track kan disana juga, jadi sekalian tes trek disana," kata dia.

 

Selama ini kata Dwi, pemeriksaan sarana perkeretaapian dilakukan di Depo atau Balai Yasa. Oleh karena itu menurutnya, Kemenhub memandang bahwa balai pengujian kereta api sangat penting di tahun-tahun mendatang.

 

Balai pengujian kereta api tersebut Penting untuk kemajuan perkeretaapian di indonesia, dikarenakan di indonesia tak jarang terjadi masalah ataupun kendala pada kereta-kereta di indonesia. Jadi, dengan adanya Balai pengujian kereta api ini masalah ataupun kendala dapat berkurang karena kereta yang digunakan sudah melewati pengujian.

 

Seperti yang kita ketahui kereta pada umumnya harus mempunyai kemampuan dan ketahanan yang optimal dan telah lulus pengujian di Balai pengujian tersebut. Salah satu pengujian yang dilakukan adalah pengujin komponen bahan baku mesin kereta api tersebut. Bahan baku pilihan yang dipakai dalam membuat mesin kereta cepat tersebut haruslah diuji oleh alat yang bernama UTM atau Universal Testing Machine.

 

UTM bekerja menguji ketahanan bahan baku mesinnya dengan cara ditarik dan ditekan sampai pada batas maksimal.Sehingga mesin yang digunakan tidak akan terbakar ketika sudah panas dikarrena. Maka setelah lulus uji oleh UTM maka kereta-kereta yang ada di indonesia ini siap untuk beroperasi di stasiun Indonesia yang sangat penting untuk kemajuan indonesia di bidang transportasi masyarakat dan diharapkan tidak terjadi masalah seperti kecelakaan pada tahun mendatang.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji