• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Testing Machine

Sabtu, 27 April 2024

Sebuah mesin universal pengujian (UTM), juga dikenal sebagai tester universal, [1] mesin pengujian bahan atau bahan uji frame, digunakan untuk menguji kekuatan tarik dan kuat tekan bahan. Hal ini dinamai fakta bahwa ia dapat melakukan banyak tarik dan kompresi tes standar pada bahan, komponen, dan struktur.

Komponen
Beban bingkai - Biasanya terdiri dari dua dukungan yang kuat untuk mesin. Beberapa mesin kecil memiliki dukungan tunggal.
Load cell - Sebuah gaya transduser atau cara lain untuk mengukur beban diperlukan. Kalibrasi berkala biasanya dibutuhkan oleh mengatur peraturan atau sistem mutu.
Silang kepala - Sebuah bergerak lintas kepala (judul bab) dikontrol untuk bergerak ke atas atau ke bawah. Biasanya ini adalah pada kecepatan konstan: kadang-kadang disebut tingkat konstan ekstensi (CRE) mesin. Beberapa mesin dapat memprogram kecepatan judul bab atau melakukan pengujian siklus, pengujian pada kekuatan konstan, pengujian di deformasi konstan, dll Electromechanical, servo-hidrolik, drive yang linear, dan resonansi berkendara digunakan.
Cara mengukur ekstensi atau deformasi - Banyak tes memerlukan ukuran respon dari benda uji dengan gerakan salib kepala. Extensometers kadang-kadang digunakan.
Output perangkat - Sebuah cara memberikan hasil tes yang dibutuhkan. Beberapa mesin yang lebih tua memiliki dial atau display digital dan grafik perekam. Banyak mesin yang lebih baru memiliki antarmuka komputer untuk analisis dan pencetakan.
Udara - Banyak tes memerlukan pendingin dikontrol (suhu, kelembaban, tekanan, dll). Mesin ini dapat berada di sebuah ruangan yang dikendalikan atau ruang lingkungan khusus dapat ditempatkan di sekitar benda uji untuk ujian.
Perlengkapan pengujian, spesimen memegang rahang, dan terkait sampel membuat peralatan yang disebut dalam banyak metode pengujian.

 

Penggunaan
Set-up dan penggunaan yang rinci dalam metode pengujian, sering diterbitkan oleh organisasi standar. Ini menentukan persiapan sampel, fixture, panjang gauge (panjang yang berada di bawah studi atau pengamatan), analisis, dll

 

Spesimen ditempatkan di mesin antara grip dan extensometer jika diperlukan secara otomatis dapat merekam perubahan panjang mengukur selama tes. Jika extensometer tidak dipasang, mesin itu sendiri dapat merekam perpindahan antara salib kepalanya yang spesimen diadakan. Namun, metode ini tidak hanya mencatat perubahan panjang spesimen tetapi juga semua memperluas / komponen elastis lain dari mesin uji dan sistem drive termasuk tergelincir dari spesimen dalam genggaman.

Setelah mesin dimulai itu mulai menerapkan beban meningkat pada spesimen. Sepanjang tes sistem kontrol dan merekam perangkat lunak yang terkait dengan beban dan ekstensi atau kompresi spesimen.

Mesin berkisar dari sangat kecil sistem atas meja ke orang-orang dengan lebih dari 53 MN (12 juta lbf) kapasitas. [2]

 

Lihat juga
Modulus elastisitas
Kurva tegangan-regangan
Tensometer
Referensi [sunting]
Melompat ^ Davis, Joseph R. (2004), tarik pengujian (ed 2.), ASM International, p. 2, ISBN 978-0-87170-806-9.
Melompat ^ NIST, Besar Struktur Skala Pengujian Fasilitas, diambil 2010/04/05. Periksa nilai tanggal di: | accessdate = (help)
Standar [sunting]

 


ASTM E4 - Praktek untuk Angkatan Verifikasi Pengujian Mesin
ASTM E74 - Praktek Kalibrasi Force Measuring Instruments untuk Verifikasi Indikasi Angkatan Mesin Pengujian
ASTM E83 - Praktek Verifikasi dan Klasifikasi pada EXTENSOMETER Sistem
ASTM E1012 - Praktek untuk Verifikasi Uji Frame dan Spesimen Keselarasan bawah tarik dan Tekan Aksial Angkatan Aplikasi
ASTM E1856 - Standar Panduan untuk Mengevaluasi Sistem Komputerisasi Akuisisi Data yang Digunakan untuk Akuisisi Data dari Universal Testing Machines

 


JIS K7171 - Standar untuk menentukan kekuatan flextural untuk bahan plastik & produk
ISO 5893 Karet dan uji plastik peralatan - tarik, lentur dan kompresi jenis (tingkat konstan melintasi) - Spesifikasi
EN ISO 6892-1: Benda logam - pengujian tarik - Bagian 1: Metode uji pada suhu kamar (menggantikan EN 10002)
EN ISO 7500-1 / -2 Metallic bahan - Verifikasi statis mesin uji uniaksial - Bagian 1: Ketegangan / kompresi mesin pengujian - Verifikasi dan kalibrasi dari sistem tenaga-pengukuran; Bagian 2: Ketegangan mesin pengujian creep - Verifikasi gaya yang diterapkan
Banyak tes standar lainnya untuk bahan khusus dan produk. Ini biasanya meminta rincian mesin set-up, fixture, dan pengujian.

 

Sumber : www.wikipedia.com




Produk Terkait dengan artikel Testing Machine


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji